Ajaran Kanda Pat Sari
A. Pengertian
Inilah
ajarannya Kanda Pat Sari, secara etimologi dapat diuraikan Kanda : tutur ,
petuah, cerita, tetingkah, kesaktian, kesidian, kewisesan. Pat : empat, dan Sari : utama jadi,
Kanda Pat Sari berarti empat macam ajaran yang utama tentang ilmu kesaktian,
kesidian dan kewisesan.
Beginilah ceritanya : pada waktu kita lahir ke
dunia ini, pada saat yg sama lahir pula Sanghyang Panca Mahabutha, yang lahir
bersama-sama dengan Sanghyang Tiga Sakti. Beliaulah Sanghyang Tiga Sakti amor
ring Buwana Agung, kemudian dipuja oleh semua mahkluk hidup di dunia. Beliau di
puja di Pura Desa, Pura Puseh, Pura Dalem.
Sedangkan Sanghyang
Panca Mahabutha menjadi pepatih di segala penjuru dunia. Sebagai pemelihara
dunia. Dan semuanya mahasakti tidak terhingga. Bila di puja, diyakini, dan
diresapi, maka Beliau dapat ngrangsuk ke dalam badan. Dapat memberikan jalan
menuju kebijaksanaan, kewibawaan, kesaktian, kesidian, kawisesan, dan kemulyaan.
Inilah adanya beliau :
- Yang paling tua berwujud yeh nyom, yang disebut Anggapati, yg menjadi patih di pura ulun suwi, yg bernama I Ratungurah Tangkeb Langit, yang diikuti oleh Sang Bhuta Swadnya, Sang Bhuta Swasti, Sang Bhuta Tenggara, Beliau sbg dewanya sawah, gunung, sbg pemelihara dunia dan dipekarangan Beliau berstana di tugu (yg bertempat di barat laut) sbg dewanya segala hewan, bila di dlm badan beliau berstana di Kulit yg disebut Segare Tan Patepi dgn aksaranya “Sang” , berwujud Amerta Sanjiwani, rembesannya keluar dalam bentuk keringat. Faedahnya adalah untuk membasmi segala penderitaan, pada badan termasuk penyakit yang berat maupun penyakit yang ringan. Demikian pula apabila mendapat penderitaan karena melakukan sumpah Cor, dapatlah diampuni.. penjelmaan Beliau adalah berbentuk langit yg cemerlang, menjadi damuh(air gerimis yg jatuh dr langit pada dini hari) demikianlah saktinya I Ratu Ngurah Tangkeb Langit. Sesaji/ banten aturan kepada Beliau : Ketipat dampulan matenggek, taluh bokasem, segehan kepelan putih me be bawang jahe.
- Yang paling wayanan ( yg lahir ke 2 ) berwujud Darah, yang bernama Mrajapati, kemudian menjadi patih di pura Sada. Kemudian beliau bergelar I Ratu Wayan Tebeng, diikuti oleh Sang Bhuta Usadi, Sang Bhuta Keli. Beliau sbg Dewatanya hutan, gunung, jalan, pintu keluarnya rumah ( lebuh ), pohon kayu, segala tumbuh-tumbuhan. Dalam badan Beliau berstana di dalam Darah. Sebagai Amerta Kamandalu, rembesannya adalah Bayu. Aksaranya “BANG”. Yang bernama Tampaking Kuntul Nglayang. Fungsinya adalah untuk menolak segala perbuatan jahat baik skala maupun niskala. Semua dapat di tolaknya. Penjelmaannya menjadi api unggun, gunung, hutan, jalan, pohon besar. Sesaji/ banten aturan kepada Beliau : Ketipat galeng dgn telur itik, segehan barak me be bawang jahe.
- Yang lahir madenan ( lahir no 3 ) berwujud Ari-ari yang bernama Banaspati, menjadi pepatih di Pura Puseh. Beliau bergelar I Ratu Made Jelawung. Diikuti oleh Sang Bhuta Prajapati, Bhuta Bisrana. Beliau adalah dewatanya tanah tegalan, dewatanya perkebunan, dewatanya penginih-inih, dan segala yg berbuat jahat musnahlah adanya. Termasuk orang yang berbuat jahat di dalam pekarangan rumah, musnah adanya. Di dalam badan Beliau berstana di dalam Daging, dan di semua lubang yg ada di badan. Aksaranya adalah “TANG”. Sesaji/ banten aturan kepada Beliau : Ketipat gangsa, me be sate gede, segehan kepelan kuning me be bawang jahe.
- Yang lahir Nyomanan (lahir no 4) berwujud Lamad ( Lamas ) Bernama Banaspati Raja, menjadi patih di Pura Dalem. Kemudian bergelar I Ratu Nyoman Sakti Pengadangan. Di ikuti oleh Sang Bhuta Grabwag, Bhuta Sundung, Bhuta Slusuh, Bhuta Sendra. Beliau sakti tiada tandingannya. Beliau sbg pemelihara dunia. Sbg dewatanya kuburan, dewatanya sungai, jurang , pamgkung, , dewatanya Dete, Tonya, Samar, dewatanya pantai, dewatanya semua jenis burung, dewatanya semua balyan pengiwa dan penengen. Beliau menciptakan kekuatan mantra. Di dalam badan Beliau berstana di Urat. Beliau perwujudan Amerta Maha Tirta. Rembesannya menjadi Maolah. Aksaranya adalah “ANG”. Sesaji/banten aturan kepada Beliau : Ketipat gong me be taluh meguling, sesari 11biji uang kepeng, rokok, segehan kepelan selem me be bawang jahe.
- Yang lahir ketutan ( no 5 paling akhir ) Bernama Bhuta Dengen. Menjadi pepatih di Pura Desa. Bergelar I Ratu Ketut Petung. Diikuti oleh Sang Bhuta Ngemban Nginte, Sang Ayu Draning, Beliau sbg Dewatanya Balang Tamak Bale Agung, dewanya Pelangkiran, dewanya Pasar, dewanya Tukang, sangging, undagi, pande, dewanya bale banjar, dan dewanya segala jenis Ikan.di badan Beliau berstana pada Tulang dan Sumsum, perwujudan Amerta Pawitra, rembesannya berwujud Rasa, aksaranya “ ING”. Yang di sebut Lontar Tanpa Tulis. Beliau sebagai pemelihara kandungan, pemelihara diri sendiri. Beliau di benarkan membunuh musuh yg jahanam, pada diri kita. Penjelmaan Beliau berwujud Kilat, Bale agung, ikan, manusia laki-laki dan perempuan. Sesaji/ banten aturan kepada Beliau : Ketipat leket akelan, me be taluh bajongan, segehan brumbun me be bawang jahe.
B. Mantra Pemujaan
Ini supaya di ingat, saktinya Beliau Sanghyang
Panca Mahabhuta, bila di kehendaki dan ingin memiliki kesaktian tersebut,
wujudkanlah kekuatannya, masukkanlah di dalam badan, supaya menyatu dengan
kita, merokok tidak dibenarkan dalam mempelajari Ilmu
Mantra Pemujaan Dan Permohonan Tata Cara Dan
Upacara
Mantra pemujaan Beliau :
Ong Ang Ang Ong
Ong Ing Ong Ung Ang Ah Ah Tang
Ong Kyah Kyah Ong Shah
Ung Rung Reng Rong Wasat
Ong Ong Mang Wyang Syah
Ih I Ratu Ngurah
Tangkeb Langit
I Ratu Wayan Tebeng
I RatuMade Jelawung
I Ratu Nyoman Sakti Pengadangan
I Ratu Ketut Petung
Aja sira lali asanak ring ulun
Apan ulun tan lali astiti bhakti ring sira
Wehan ta ulun panugrahan……… (sakti sidhi ngucap)
………………………………………………………………
Ong winursita rsyamuka
Angamet sarining amerta kusuma ya nama swaha.
Jangan dilecehkan, karena mantra ini adalah
ciptaan Beliau Bhatara Dalem.dapat dipergunakan sekehendak hati. Tinggal
menambahkan kalimat permohonan pd titik-titik tersebut di atas. Mau sakti dalam
segala hal perwujudan. Tidak dapat di tundukkan dalam segala kewibawaan. Yang
jauh dapat di buat dekat, yg dekat dapat di buat jauh, segala yang ganas
menjadi jinak.
C. Banten/ Sarana Pemujaan
Kemudian apabila berkehendak memuja Beliau
Sanghyang Panca Mahabhuta supaya segera menyatu dengan diri kita, pada hari
Sabtu Kliwon wuku Landep atau Hari Tumpak Landep ( hari piodalan Ida Sanghyang
Panca Mahabhuta )
Banten/ upakara/ aturan kepada Beliau :
Banten/sesaji banten ketupat seperti yg telah
disebutkan di atas tadi di tambah dengan:
- Rayunan satu pajeg ( be/ikan diolah sampai matang) ikan ayam, babi, itik Boleh dipakai.
- Suci satu soroh.
- Daksina gede satu dengan sesari 41 uang kepeng ( pis bolong).
- Permen/pemanisan satu dulang.
- Rantasan secukupnya ( kain warna putih,merah,kuning, dan hitam ).
- Segehan agung satu.
- Ayam samumulung satu untuk samleh.
- Tetabuhan arak-berem.
Dan juga banten pras pejati yg dihaturkan
kehadapan Sanghyang Tiga Sakti dan leluhur kita, untuk mohon restu semoga
Beliau semua berkenan dan Asung kerta wara nugraha.
Setelah sesajen diatas lengkap, kemudian diikuti
dengan mantra2 danditambah dengan ucapan dgn bahasa sendiri sesuai permohonan.
Permohonan itu hanya boleh diucapkan satukali saja yaitu kepada Ida Iratu
Nyoman Sakti Pengadangan saja….karena Beliaulah nantinya yg akan memanggil
saudara-saudaranya untuk ikut merestui permohonan kita.
D. Tata Pelaksanaan Upacara
Adapun cara-cara yang harus dilaksanakan adalah sebagai berikut :
1. Banten pras pejati dihaturkan
dihadapan pelinggih rong tiga katur ring Ida Sanghyang Tiga Sakti atau ring
padma, juga banten pras pejati di haturkan ke leluhur minta doa restu.
Selanjutnya sembahyang. Kemudian ucapkan mantra spt di bawah ini………….
"Ih, I Ratu Ngurah
Tangkeb Langit, metu kita saking jagat wetan, ajakan waduanira, roang sira
kabeh, apupul ring pesamuan, manusanta angaturaken:
Ketipat dampulan matenggek, maulam taluh bokasem,
segehan kepelan putih maulam bawang jahe.
Ih, Iratu Wayan Tebeng, metu kita saking jagat
kidul, ajakan waduanira, roang sira kabeh, apupul ring pesamuan, manusanta
angaturaken: Ketipat galeng maulam taluh bebek, segehan kepelan barak maulam
bawang jahe.
Ih, I Ratu Made Jelawung, metu kita saking jagat
kulon, ajakan waduanira, roang sira kabeh, apupul ring pesamuan, manusanta
angaturaken: Ketipat gangsa, maulam sate gede, segehan kepelan kuning maulam
bawang jahe.
Ih, I Ratu Nyoman Sakti Pengadangan, metu kita
saking jagat lor, ajakan waduanira, roang sira kabeh, apupul ring pesamuan,
manusanta angaturaken:
Ketipat gong maulam taluh meguling, sesari 11biji
uang kepeng, rokok, segehan kepelan selem maulam bawang jahe.
Ih, I Ratu Ketut Petung, metu kita saking jagat
madya, ajakan waduanira, roang sira kabeh, apupul ring pesamuan, manusanta
angaturaken: Ketipat leket akelan, maulam taluh bajongan, segehan kepelan
brumbun maulam bawang jahe.
Tiosan saking punika wenten malih aturan manusanta
mekadi suci asoroh, daksina gede, rayuna lan pemanisan, rantasan, segehan agung
muang penyambleh ayam samumulung, metetabuhan arak berem.
Ajasira lali asanak ring ulun, Apan ulun tan lali
astiti bakti ring sira, Wehan ta ulun panugrahan………………………………………………….. ( titik-titik
disi dgn permohonan menurut bhs masing-masing ) , Ong Winursita resyamuka
angamet sarining amerta kusuma ya nama swaha."
Mantra diatas di ucapkan berulang-ulang secara pelan dan
lirih , penuh dengan konsentrasi, sambil menghayati dan meresapi setiap katanya.
Bila diterima kita akan merasakan suatu sensasi spiritual. Setiap orang akan
merasakan sensasi atau getaran yg berbeda.
Dan inilah ciri-ciri kalau Beliau telah menyatu
pada kita :
- Bila terasa badan kita besar dan keluar keringat seketika, tandanya beliau I Ratu Ngurah Tangkeb Langit telah menyatu pada diri kita. Segala penyakit dan penderitaan musnahlah adanya.
- Bila terasa panas pada telinga, dan terbelalak rasanya mata, tidak mampu berkedip, tandanya beliau I Ratu Wayan Tebeng menyatu pada diri kita, segala mara bahaya dan penyakit di tolaknya.
- Bila terkejut dan merasa takut, bulu kuduk berdiri seperti angin dingin, tandanya beliau I Ratu Made Jelawung menyatu pada diri kita, segala penyakit yang berasal dari upas dan cetik musnah semuanya.
- Bila berdenyut pada kemaluan, dan hidup secara tiba-tiba, berat rasanya badan, seolah-olah ingat dan rindu pada sesuatu yg bersifat gaib, tandanya beliau I Ratu Nyoman Sakti Pengadangan menyatu dengan diri kita. Tidak takut dalam segala bentuk tantangan.
- Bila tiba-tiba kita menjadi pintar, mampu berbicara banyak, pembicaraan yang halus dan manis, tandanya I Ratu Ketut Petung menyatu pada diri kita. Segala penderitaan sirna adanya.
Inilah ciri-ciri beliau pada alam semesta raya
ini :
Bila kita merasakan atau mencium bau yang harum
seperti bau bunga, kemudian megledug seperti jatuhnya buah kelapa , seperti
suara bedeg diinjak-injak, itu semua adalah pengikut I Ratu Nyoman Sakti
Pengadangan. Beliau memanggil saudaranya semua, untuk mau menyatu pada diri
kita.
No comments:
Post a Comment