viral

loading...

Wednesday, May 16, 2018

Sãdhana Pãda


Paparan Praktis Praktek Spiritual

Ladang Informasi - Sãdhana Pãda yang tersusun dari 55 sutra ini memberikan paparan praktis bagi seorang sadhaka. Disini mulai diperkenalkan Yama, Niyama, Pranayama dan Pratyahara, serta persiapan untuk memasuki tiga-serangkai Samyama, Dharana, Dhyana, Samadhi. Samyama baru dipaparkan secara panjang lebar pada Vibhuti Pãda. Metode pembebasan psikologis dan spiritual yang terdiri dari delapan tahapan ini, juga dikenal dengan Ashtanga Yoga. Disini juga diingatkan akan bahaya dari siddhi bagi seorang sadhaka sejati. Secara keseluruhan prinsip-prinsip praktis dari Yoga dapat ditemukan disini dalam paparan yang lugas. Sebagai paparan praktis, di dalam mengikuti Sãdhana Pãda ini kita juga acapkali seakan-akan sedikit ‘dipaksa’ untuk mengerti tentang sistem Yoga praktis tertentu, terutama Hatha Yoga dan Laya Yoga atau Kundalini Yoga.Yoga berarti "persatuan dengan Yang Ilahi." Persatuan dengan Bhagawan ini tidak dapat dicapai hanya dengan usaha - itu hanya terjadi melalui anugerah Brahman. Semua yang ada adalah Tuhan dan semua ada karena Tuhan. Dalam arti mutlak tidak ada yang terpisah dari Bhagawan. Semua adalah permainan ilahi Tuhan. Jika seseorang ingin mencapai pembebasan, maka itu hanya akan menjadi hadiah dari Bhagawan. Semua adalah Tuhan untuk memberi atau tidak, bagaimanapun juga.

Paparan Praktis Praktek Spiritual

Ada dua jalur yoga (atau margas). Maryada Marga; cara yang sah - di mana disiplin dan upaya diri sendiri yogi membawanya ke tujuan, dan Jalan Rahmat atau Pushti Marga. Kedua jalan itu hanya dapat membawa praktisi ke pintu pembebasan; namun itu adalah Bhagawan yang pada akhirnya dan dengan anggun membawa para penyembah melintasi ambang akhir. Anda tidak dapat melakukan yoga. Yoga adalah siapa Anda sebenarnya. Yoga tidak dapat dicapai hanya dengan usaha saja - itu muncul dengan anggun. Namun, karunia hanya dapat muncul setelah pikiran telah dimurnikan melalui banyak usaha.

Rsi Patanjali membuka wacana tentang Yoga dengan menyatakan dalam Samadhi Pãda atau Bab tentang Ecstasy bahwa Yoga terjadi dengan mudah, ketika pikiran telah menjadi murni dan terkonsentrasi. Yogash chitta vritti nirodha 1: 2. (Ketika Anda berhenti mengidentifikasi dengan pikiran Anda, fluktuasi pikiran, maka ada Yoga, identitas dengan Diri - Bhagawan, yang Samadhi.) Menurut Rsi Patanjali, metode paling langsung untuk menghasilkan Nirodha atau Yoga, adalah dengan menyerah sepenuhnya kepada Brahman. Metode satu langkah adalah: Isvara Pranidhanad va.1: 23 (Dengan memberikan hidup dan identitas Anda kepada Brahman - Anda mencapai identitas Brahman). Beberapa jiwa, karena karma masa lalu, mungkin dapat mengikuti jalan penyerahan total seperti yang disarankan dalam Samadhi Pãda. Dengan “melepaskan, dan membiarkan Tuhan” dalam santa yang anggun seperti satsang, kirtan, japa, atau seva seseorang dapat menjalani kehidupan penuh pengabdian - membudidayakan bhava, suasana cinta yang tercurah untuk Tuhan.

Tetapi jalan yang anggun bukan untuk semua orang. Dalam bab kedua Yoga Sutra, Rsi Patanjali menjelaskan metode tiga langkah: Tapa Swadhaya Ishwara Pranidhani Kriya Yogah II: 1. Di sini Rsi Patanjali menyediakan sarana praktis untuk memurnikan dan memusatkan pikiran, sehingga nirodha itu mungkin, bagi mereka yang tidak dapat menyerahkan segalanya kepada Tuhan. Beberapa orang merasa bahwa mereka harus 'melakukan' sesuatu, dan beberapa pikiran gelisah, ragu-ragu, dan mudah teralihkan perhatiannya. Para aspiran ini dapat menemukan penghiburan di Sãdhana Pãda. Rsi Patanjali adalah welas asih bagi jiwa-jiwa yang tidak dapat menyerahkan dirinya hanya pada rahmat Ilahi, dan memberikan sebuah bab yang menjelaskan sadhana yang lebih rinci.

Sutra ini menyarankan kepada seorang yogi atau yogini yang bercita-cita bahwa, bukan hanya upaya itu penting, tetapi juga harus menjadi jenis usaha yang tidak henti-hentinya. Tapa artinya terbakar. Seseorang harus memiliki hasrat yang bersemangat dan membara, menjalani disiplin apa pun yang diperlukan untuk memurnikan pikiran, kata-kata, dan perbuatan. Ketika kita melepaskan semua keinginan yang egois, ego-driven, atau egois, maka sang yogi dapat berkonsentrasi pada Svadyaya; studi tentang Diri. Svadyaya berarti memusatkan perhatian kepada Tuhan dalam segala situasi tanpa ada gangguan. Mempelajari sesuatu berarti memberikan perhatian Anda yang tak tergoyahkan. Kedua kriya (tapas dan svadyaya) ini akan membuat seseorang dapat menyerah kepada Tuhan, yang dinyatakan sebagai Ishvara Pranidhani, bagian ketiga dari sistem tiga langkah.

Kemudian Rsi Patanjali mencatat rintangan, yang dapat menyebabkan kesulitan praktisi dalam mengikuti rencana 3 langkah. Dia membuat daftar dan menggambarkan kleshas ini, bersama dengan karma yang mendasarinya, yang memungkinkan rintangan muncul. Dari tempat kesabaran yang tampaknya tak kenal lelah, Rsi Patanjali menyediakan metode delapan langkah atau yang dikenal dengan istilah Astangga Yoga bagi mereka yang masih membutuhkan arah “bagaimana-ke” praktis dalam cara untuk melepaskan diri dari dukha (penderitaan) yang mengikat kita. Karena banyak dari kita merasa bahwa ketidakbahagiaan kita disebabkan oleh tindakan orang lain.

Astangga Yoga

1. Yama

Yama yaitu suatu bentuk larangan atau pengendalian diri yang harus dilakukan oleh seorang dari segi jasmani, misalnya, dilarang membunuh (ahimsa), dilarang berbohong (satya), pantang mengingini sesuatu yang bukan miliknya (asteya), pantang melakukan hubungan seksual (brahmacari) dan tidak menerima pemberian dari orang lain (aparigraha).
“Yaccintayati yadyàti ratin
badhnàti yatra ca,
tathà càpnotyayatnena prànino
na hinasti yah.

Kunëng phalanya nihan, ikang wwang tan pamàtimàtin haneng ràt,
senangënangënya, sapinaranya, sakahyunya, yatika sulabha katëmu
denya, tanulihnya kasakitan.

Terjemahan:

Pahalanya, orang yang tidak membunuh (menyakiti) selagi ada di dunia ini, maka segala sesuatu yang dicita-citakannya, segala yang ditujunya, segala sesuatu yang dikehendaki atau diingini olehnya, dengan mudah tercapai olehnya tanpa sesuatu penderitaan, (Sarasamuçcaya,142).

“Ànrcamsyaý kûmà satyamahinsà
dama àrjavam,
pritih prasàdo màdhuryam màrdavaý
ca yamà daça”.

Nyang brata ikang inaranan yama, pratyekanya nihan, sapuluh kwehnya, ànresangsya, kûamà, satya, ahingsà, dama, àrjawa, priti, prasàda, màdhurya, màrdawa, nahan pratyekanya sapuluh, ànresangsya, si harimbawa, tan swàrtha kewala; ksamà, si kelan ring panastis; satya, si tan mrsàwàda; ahingsà, manukhe sarwa bhàwa; dama, si upacama wruh mituturi manahnya; àrjawa, si dugà-dugabener; priti, si gong karuna; prasàda, beningning manah; màduhurya, manisning wulat lawan wuwus; màrdawa, pösning manah.

Terjemahan:

Inilah brata yang disebut yama, perinciannya demikian; ànresangsya, ksamà, satya, ahingsà, dama, àrjawa, priti, prasàda, màdhurya, màrdawa, sepuluh banyaknya; ànresangsya yaitu harimbawa, tidak mementingkan diri sendiri saja; ksamà, tahan akan panas dan dingin; satya, yaitu tidak berkata bohong (berdusta); ahingsà, berbuat selamat atau bahagianya sekalian mahluk; dama, sabar serta dapat menasehati dirinya sendiri; àrjawa, adalah tulus hati berterus terang; priti, yaitu sangat welas asih; prasàda, adalah kejernihan hati; màdhurya, yaitu manisnya pandangan (muka manis) dan manisnya perkataan (perkataan yang lemah lembut); màrdawa, adalah kelembutan hati, (Sarasamuçcaya,259).

2. Nyama

Nyama yaitu bentuk pengendalian diri yang lebih bersifat rohani, misalnya Sauca (tetap suci lahir batin), Santosa (selalu puas dengan apa yang datang), Swadhyaya (mempelajari kitab-kitab keagamaan) dan Iswara pranidhana (selalu bakti kepada Tuhan).
“Dànamijyà tapo dhyànam
swàdhyàyopasthaningrahah,
vratopavasamaunam ca ananam
ca niyama daûa”.

Nyang brata sapuluh kwehnya, ikang niyama ngaranya, pratyekanya, dàna, ijya, tapà, dhyana, swàdhyàya, upasthanigraha, brata, upawàsa, mauna, snàna, nahan ta awakning niyama, dàna weweh, annadànàdi; ijyà, Devapujà, pitrpujàdi, tapa kàyasangcosana, kasatan ikang ûarira, bhucarya, jalatyagàdi, dhyana, ikang siwaûmarana, swàdhyàya, wedàbhyasa, upasthanigraha, kahrtaning upastha, brata annawarjàdi, mauna wàcangyama, kahrtaning ujar, haywàkeceng kuneng, snàna, trisangdhyàsewana, madyusa ring kàlaning sandhya.

Terjemahan:
Inilah brata sepuluh banyaknya yang disebut niyama, perinciannya; dàna, ijya, tapà, dhyana, swàdhyàya, upasthanigraha, brata, upawàsa, mauna, snàna, itulah yang merupakan niyama, dàna, pemberian makanan- minuman dan lain-lain; ijya, pujaan kepada Deva, kepada leluhur dan lain-lain sejenis itu; tapà, pengekangan nafsu jasmaniah, badan yang seluruhnya kurus kering, layu, berbaring di atas tanah, di atas air dan di atas alas-alas lain sejenis itu; dhyana, tepekur merenungkan Çiwa; swàdhyàya, yakin mempelajari Veda; upasthanigraha, pengekangan upastha, singkatnya pengendalian nafsu seksual; brata/upawàsa, pengekangan nafsu terhadap makanan dan minuman; mauna/mona, itu wacanyama berarti menahan, tidak mengucapkan kata-kata yaitu tidak berkata-kata sama sekali tidak bersuara; snàna, trisandhyasewana, mengikuti trisandhya, mandi membersihkan diri pada waktu pagi, tengah hari dan petang hari, (Sarasamuçcaya, 260).

3. Asana

Asana yaitu sikap duduk yang menyenangkan, teratur dan disiplin (silasana, padmasana, bajrasana, dan sukhasana).

4. Pranayama

Pranayama yaitu mengatur pernafasan sehingga menjadi sempurna melalui tiga jalan yaitu puraka (menarik nafas), kumbhaka (menahan nafas) dan recaka (mengeluarkan nafas).

5. Pratyahara

Pratyahara yaitu mengontrol dan mengendalikan indria dari ikatan objeknya, sehingga orang dapat melihat hal-hal suci.

6. Dharana

Dharana yaitu usaha-usaha untuk menyatukan pikiran dengan sasaran yang diinginkan.

7. Dhyana

Dhyana yaitu pemusatan pikiran yang tenang, tidak tergoyahkan kepada suatu objek. Dhyana dapat dilakukan terhadap Ista Devata.

8. Samadhi

Samadhi yaitu penyatuan atman (sang diri sejati dengan Brahman). Bila seseorang melakukan latihan yoga dengan teratur dan sungguh-sungguh ia akan dapat menerima getaran-getaran suci dan wahyu Tuhan.

No comments:

Post a Comment