BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
|
|
1.
|
Membaca
|
Menentukan unsur-unsur paragraf, ide pokok,
kalimat
|
|
|
Memahami
isi dan bagian-bagian
|
utama,
kalimat penjelas.
|
|
|
paragraf suatu artikel teks nonsastra,
|
Menentukan isi paragraf: fakta, opini,
|
|
|
tajuk rencana, laporan, karya ilmiah,
|
pernyataan/jawaban
pertanyaan sesuai isi, tujuan
|
|
|
teks pidato, biografi tokoh, serta
|
penulis,
arti kata/istilah, isi biografi.
|
|
|
berbagai bentuk dan jenis paragraf
|
Menentukan opini penulis dan pihak yang
dituju
|
|
|
nonteks; memahami teks sastra
|
dalam
tajuk rencana/editorial.
|
|
|
berbentuk puisi lama, puisi baru,
|
Menentukan isi dan simpulan grafik, diagram
atau
|
|
|
hikayat/sastra Melayu klasik, cerpen,
|
tabel.
|
|
|
novel, dan drama.
|
Menentukan unsur-unsur intrinsik dan
ekstrinsik
|
|
|
|
sastra
Melayu klasik/hikayat.
|
|
|
|
Menentukan unsur-unsur intrinsik/ekstrinsik
|
|
|
|
novel/cerpen/drama.
|
|
|
|
Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi.
|
|
|
|
Menentukan isi puisi lama, pantun, gurindam.
|
|
2.
|
Menulis
|
Menulis paragraf padu.
|
|
|
Mengungkapkan pikiran, gagasan,
|
Melengkapi berbagai bentuk dan jenis paragraf
|
|
|
pendapat, perasaan, dan informasi
|
dengan kalimat yang padu.
|
|
|
dalam berbagai jenis dan bentuk
|
Melengkapi teks pidato.
|
|
|
paragraf, teks pidato, surat resmi, dan
|
Melengkapi paragraf dengan kata baku, kata
serapan,
|
|
|
karya ilmiah dengan
|
kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan,
peribahasa.
|
|
|
mempertimbangkan kesesuaian isi
|
Menyunting penggunaan kalimat/frasa/ kata
|
|
|
dengan konteks, kepadanan,
|
penghubung/istilah dalam paragraf.
|
|
|
kepaduan, ketepatan kalimat,
|
Menulis surat resmi.
|
|
|
|
|
|
|
penggunaan bahasa, diksi,
struktur
|
Menyunting kalimat dalam surat resmi.
|
|
|
|
|
|
|
kalimat, dan ejaan;
mengungkapkan
|
Menulis judul sesuai EYD.
|
|
|
pikiran dan gagasan dalam bentuk
|
|
|
|
Menulis karya ilmiah (latar belakang dan
rumusan
|
|
|
|
puisi, cerpen, novel, drama, kritik,
|
|
|
|
masalah).
|
|
|
|
esai, dan resensi.
|
|
|
|
Melengkapi larik puisi lama/baru (dengan kata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
kias/berlambang/berima/bermajas).
|
|
|
|
Melengkapi dialog drama.
|
|
|
|
Menentukan kalimat resensi.
|
|
|
|
Menentukan kalimat kritik.
|
|
|
|
Menentukan kalimat esai.
|
|
No comments:
Post a Comment