MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPS/KEAGAMAAN)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
|
|
1.
|
Menggunakan logika matematika
|
Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari
suatu
|
|
|
dalam
pemecahan masalah
|
pernyataan
majemuk atau pernyataan berkuantor.
|
|
|
|
Menentukan kesimpulan dari beberapa premis.
|
|
2.
|
Memahami konsep yang berkaitan
|
Menentukan hasil operasi bentuk pangkat,
akar, dan
|
|
|
dengan
aturan pangkat, akar dan
|
logaritma.
|
|
|
logaritma, fungsi aljabar sederhana,
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
grafik
|
|
|
fungsi kuadrat dan grafiknya,
|
fungsi
kuadrat.
|
|
|
persamaan dan pertidaksamaan
|
Menentukan komposisi dua fungsi dan invers
suatu
|
|
|
kuadrat, komposisi dan invers fungsi,
|
fungsi.
|
|
|
sistem persamaan linear, program
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
|
|
|
linear, matriks, barisan dan deret,
|
persamaan
kuadrat.
|
|
|
serta mampu menggunakannya dalam
|
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
|
|
|
pemecahan masalah.
|
Menentukan penyelesaian dari sistem persamaan
|
|
|
|
|
|
|
|
linear dua variabel.
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
|
|
|
|
dengan sistem persamaan linear dua variabel.
|
|
|
|
Menentukan nilai optimum bentuk objektif dari
|
|
|
|
daerah himpunan penyelesaian sistem
|
|
|
|
pertidaksamaan linear.
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan
|
|
|
|
dengan program linear.
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah matriks yang berkaitan
|
|
|
|
dengan kesamaan, determinan, dan atau invers
|
|
|
|
matriks.
|
|
|
|
Menentukan suku ke-n atau jumlah n
suku pertama
|
|
|
|
deret aritmetika atau geometri.
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan
|
|
|
|
dengan barisan dan deret aritmetika.
|
|
3.
|
Memahami limit fungsi aljabar,
|
Menghitung nilai limit fungsi aljabar.
|
|
|
turunan fungsi, nilai ekstrim, dan
|
Menentukan turunan fungsi aljabar dan
aplikasinya.
|
|
|
integral
fungsi serta menerapkannya
|
Menentukan integral fungsi aljabar.
|
|
|
dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan luas daerah dengan menggunakan
|
|
|
|
integral.
|
|
4.
|
Mengolah, menyajikan, dan
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan
|
|
|
menafsirkan data dan memahami
|
dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau
|
|
|
kaidah pencacahan, permutasi,
|
kombinasi.
|
|
|
kombinasi dan peluang kejadian serta
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
|
|
|
mampu menerapkannya dalam
|
peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian.
|
|
|
pemecahan masalah.
|
Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran
|
|
|
|
atau batang.
|
|
|
|
Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data
dalam
|
|
|
|
bentuk tabel atau diagram.
|
|
|
|
Menentukan nilai ukuran penyebaran.
|
|
No comments:
Post a Comment