viral

loading...

Thursday, January 23, 2014

Dosa Dilebur dengan Sivaratri

Dosa Dapat Dilebur dengan Sivaratri

sivaratri kalpa, lubdaka
Dalam beberapa sumber diuraikan bahwa dosa dapat dilebur melalui yoga, sebagaimana yang tercantum dalam Wrhaspati Tattva, “Sakwehning papa san yogiswara lawan ikang wasana kabeh ya tika tininum de Bhatara ring Sivagni ri wuwusnia hilang ikang karmawasana”. Artinya semua dosa yogiswara dan semua bekas-bekas karma akan terbakar oleh Siva Agni, sesudahnya karma wasana akan hancur.
Yapwan tiksa Samadhi nira Sang Yogiswara geseng pwekang tattwa i sorning pradhana tattwa katekaning triguna tattwa”. Artinya apabila samdhi Sang Yogiswara mencapai puncak, maka terbakarlah Pradhana Tattwa sampai pada Tri Guna Tattwa.

Jika menyimak bunyi kutipan Wrhaspati Tattwa tersebut di atas, maka secara tegas dapat diartikan bahwa dosa seseorang akan dapat lebur melalui yoga. Dengan demikian, seseorang yang mampu melaksanakan tapa, yoga dan Samadhi pada saat Sivaratri dosanya akan dapat dilebur atau dihapus. Mampu atau tidaknya seseorang melakukan tapa, yoga dan Samadhi sehingga mencapai puncak, hanya Hyang Widhi yang dapat menilai. Ini berbeda dengan pernyataan bahwa dosa tidak dapat dapat dilebur..

No comments:

Post a Comment