BAHASA INGGRIS SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
1.
|
LISTENING (Mendengarkan)
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
tertentu/
|
|
Memahami
makna dalam wacana
|
rinci
dari sebuah percakapan interpersonal/
|
|
lisan interpersonal dan transaksional
|
transaksional
secara formal atau informal.
|
|
secara formal maupun informal dalam
|
Menentukan respon yang tepat terhadap
percakapan
|
|
konteks kehidupan sehari-hari,
|
transaksional/interpersonal
secara formal atau
|
|
terutama dalam bentuk teks
|
informal.
|
|
fungsional pendek, recount, news
|
Menentukan gambar yang tepat sesuai dengan
|
|
item, report, narrative, descriptive
|
informasi
yang ada di dalam percakapan
|
|
dan review.
|
interpersonal/transaksional
secara formal atau
|
|
|
informal.
|
|
|
Menentukan gambar yang sesuai dengan teks
|
|
|
monolog
yang diperdengarkan.
|
|
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
tertentu/
|
|
|
tersirat/rinci dari sebuah teks monolog yang
|
|
|
diperdengarkan.
|
2.
|
READING (Membaca) Memahami
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
|
|
makna dalam wacana tertulis
|
rinci/tersirat/tertentu atau makna
kata/frasa/kalimat
|
|
secara formal maupun informal
|
atau pikiran utama paragraph/ rujukan kata
atau
|
|
dalam konteks kehidupan sehari-
|
tujuan komunikatif dari teks fungsional
pendek
|
|
hari, dalam bentuk teks fungsional
|
berbentuk letter/e-mail.
|
|
pendek, recount, news item, report,
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
tertentu/
|
|
analytical exposition, hortatory
|
rinci/tersirat atau rujukan kata atau makna
kata/frasa
|
|
exposition, explanation, discussion
|
dari teks tertulis fungsional pendek
berbentuk
|
|
dan review.
|
advertisement/brochure.
|
|
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
|
|
|
tertentu/rinci/tersirat atau makna
kata/frasa/kalimat
|
|
|
atau tujuan komunikatif/pikiran utama
|
|
|
paragraf/rujukan kata dari teks tertulis
berbentuk
|
|
|
news item.
|
|
|
Menentukan informasi tertentu/rinci/tersirat
atau
|
|
|
makna kata/frasa/kalimat atau gambaran
|
|
|
umum/tujuan komunikatif/pikiran utama
paragraf/
|
|
|
rujukan kata dari teks tertulis berbentuk recount.
|
|
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
tertentu/
|
|
|
tersirat/rinci atau tujuan komunikatif atau
makna
|
|
|
kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/ pikiran utama
|
|
|
paragraf dari teks tertulis berbentuk explanation.
|
|
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
tertentu/
|
|
|
tersirat/rinci atau pikiran utama paragraf
atau makna
|
|
|
kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/tujuan
komunikatif
|
|
|
dari teks tertulis berbentuk exposition.
|
|
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
tertentu/
|
|
|
tersirat/rinci atau tujuan komunikatif atau makna
|
|
|
kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/ pikiran
utama
|
|
|
paragraf dari teks tertulis berbentuk review.
|
|
|
Menentukan gambaran umum atau pikiran utama
|
|
|
paragraf
atau informasi tersirat/tertentu/rinci atau
|
|
|
tujuan
komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat
|
|
|
atau
rujukan kata dari teks tertulis berbentuk
|
|
|
discussion.
|
|
|
Menentukan gambaran umum/tujuan komunikatif/
|
|
|
pikiran
utama paragraf atau informasi
|
|
|
tersirat/rinci/tertentu
atau makna kata/frasa/kalimat
|
|
|
atau
rujukan kata dari teks tertulis berbentuk report.
|
|
|
Menentukan gambaran umum atau informasi
|
|
|
tertentu/rinci/tersirat
atau makna kata/frasa/kalimat
|
|
|
atau
rujukan kata dari teks fungsional pendek
|
|
|
berbentuk
announcement/message
|
3
|
WRITING (Menulis)
|
Menyusun beberapa kalimat secara acak menjadi
|
|
Mengungkapkan
makna secara
|
sebuah
teks berbentuk recount/procedure/narrative/
|
|
tertulis secara formal maupun
|
descriptive dan report.
|
|
informal dalam konteks kehidupan
|
Melengkapi 3 rumpang pada teks pendek
berbentuk
|
|
sehari-hari, dalam bentuk teks
|
recount/
procedure/narrative/descriptive/report
|
|
fungsional pendek atau esai
|
dengan kosa kata/frasa yang sesuai.
|
|
berbentuk recount, narrative,
|
|
|
procedure, descriptive dan report.
|
|
No comments:
Post a Comment