viral

loading...

Tuesday, January 14, 2014

penyalahgunaan narkoba

Pentingnya pendidikan keluarga


pendidikan anak usia dini
Pendidikan Anak Sangat Penting
Mendidik adalah membimbing anak supaya menjadi dewasa yang melibatkan anak, proses mendidik dan tujuan pendidikan (BNN-RI. 2007:9). Pendidikan ditujukan kepada seluruh kepribadian individu, yaitu agar anak menjadi dewasa. Kedewasaan mempunyai ciri-ciri normatif dan psikologis. Seseorang yang telah dewasa jika telah mampu menentukan diri, ingin menjadi manusia yang memiliki tanggung jawab sendiri yang mengandung tiga hal, yaitu normative, etika dan kesusilaan.

Tujuan mendidik adalah memberikan arah bagi proses mendidik. Apakah yang dimaksud dengan dewasa? Pengertian dewasa tidak dapat dipisahkan dari arti dan tujuan hidup. Tujuan hidup dapat dirumuskan dalam sebuah pertanyaan ; “apa yang harus saya perbuat dalam hidup ini?”.

Banyak yang berpikir bahwa yang dimaksud dengan dewasa adalah dewasa secara jasmani dan social. Seseorang yang dikatakan dewasa secara jasmani, jika ia telah mampu menghasilkan keturunan, maka ketika seseorang dikatakan dewasa secara jasmani ialah masa akil baliq. Dan seseorang yang dikatakan dewasa secara social jika ia telah hidup mandiri, tidak lagi tergantung secara social ekonomi pada orang tuanya.
Ada juga dewasa secara psikologis dan dewasa pedagogis atau normative. Seseorang dikatakan telah dewasa secara psikologis jika telah mampu mengembangkan segenap potensi kejiwaanya, pikiran emosi, kemauan, secara serasi, selaras dan seimbang. Sehingga mampu menghadapi berbagai jenis persoalan hidup. Seseorang yang telah dewasa secara psikologis pikiranya berkembang, objektif, kritis, logis, sistematis dan kehidupan emosionalnya stabil.

Sedangkan yang dimaksud dengan dewasa secara pedagogis adalah jika seseorang telah hidup dengan memperhatikan nilai-nilai kesusilaan, artinya mampu bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, masyarakat dan dan Tuhan. Orang yang telah dewasa secara pedagogis mampu hidup berdasarkan hati nuraninya dan memiliki pedoman hidup yang jelas.

Ketika mendidik, kita membimbing anak agar ia kelak menjadi orang dewasa yang dapat hidup baik dan benar, yaitu hidup sesuai dengan nilai-nilai atau norma-norma hidup. Artinya ia selalu melakukan hal-hal yang baik dan benar sehingga mendatangkan kebaikan bagi orang lain dan mampu berperilaku sesuai dengan kebenaran dan tidak bertentangan dengan hukum agama dan hukum Negara.
Salah satu aspek dari pendidikan adalah pengajaran, yaitu aspek pengetahuan/kognitif. Pengajaran memberikan keterampilan dan pengetahuan, sedangkan pendidikan membimbing anak kearah kehidupan yang baik dan benar.

Proses pendidikan berlangsung sejak anak masih bayi hingga dewasa, ada tiga lingkungan dalam pendidikan; keluarga, sekolah dan masyarakat. Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama dalam proses pendidikan anak. Pendidikan keluarga sangat penting, bahkan terpenting dan mendasar dari lingkungan lainnya. Artinya, jika ada kesalahan dalam pendidikan keluarga, akibatnya akan berdampak pada proses berikutnya, yaitu sekolah dan masyarakat.

baca juga artikel saya "pendidkan karakter".....
Enhanced by Zemanta

No comments:

Post a Comment