MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
|
|
|
1.
|
Menggunakan logika matematika
|
Menentukan penarikan kesimpulan dari beberapa
|
|
|
dalam
pemecahan masalah
|
premis.
|
|
|
|
Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari
pernyataan
|
|
|
|
majemuk
atau pernyataan berkuantor.
|
|
2.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
|
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan
logaritma.
|
|
|
dengan aturan pangkat, akar dan
|
Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali
akar-akar
|
|
|
logaritma, fungsi aljabar sederhana,
|
persamaan
kuadrat.
|
|
|
fungsi kuadrat, fungsi eksponen dan
|
Menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi
|
|
|
grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi
|
kuadrat
dengan menggunakan diskriminan.
|
|
|
invers, sistem persamaan linear,
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan
|
|
|
persamaan dan pertidaksamaan
|
dengan
sistem persamaan linear.
|
|
|
kuadrat, persamaan lingkaran dan
|
Menentukan persamaan lingkaran atau garis
singgung
|
|
|
garis singgungnya,
|
lingkaran.
|
|
|
suku banyak, algoritma sisa dan
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
|
|
|
|
|
|
|
teorema pembagian, program linear,
|
teorema sisa atau teorema faktor.
|
|
|
|
|
|
|
matriks dan determinan,
vektor,
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
|
|
|
transformasi geometri dan
|
|
|
|
komposisi dua fungsi atau fungsi invers.
|
|
|
|
komposisinya, barisan dan deret, serta
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah program linear.
|
|
|
|
mampu menggunakannya dalam
|
|
|
|
Menyelesaikan operasi matriks.
|
|
|
|
pemecahan masalah.
|
|
|
|
Menyelesaikan operasi aljabar beberapa vektor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dengan syarat tertentu.
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
besar
|
|
|
|
sudut atau nilai perbandingan trigonometri
sudut
|
|
|
|
antara dua vektor.
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
|
|
|
|
panjang proyeksi atau vektor proyeksi.
|
|
|
|
Menentukan bayangan titik atau kurva karena
dua
|
|
|
|
transformasi atau lebih.
|
|
|
|
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan
eksponen
|
|
|
|
atau logaritma.
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
|
|
|
|
fungsi eksponen atau fungsi logaritma.
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah deret aritmetika.
|
|
|
|
Menyelesaikan masalah deret geometri.
|
|
3.
|
Menentukan kedudukan, jarak dan
|
Menghitung jarak dan sudut antara dua objek
(titik,
|
|
|
besar sudut yang melibatkan titik,
|
garis dan bidang) di ruang dimensi tiga.
|
|
|
garis, dan bidang dalam ruang.
|
|
|
4.
|
Menggunakan perbandingan, fungsi,
|
Menyelesaikan masalah geometri dengan
|
|
|
persamaan, identitas dan rumus
|
menggunakan aturan sinus atau kosinus.
|
|
|
trigonometri dalam pemecahan
|
Menyelesaikan persamaan trigonometri.
|
|
|
masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
nilai
|
|
|
|
perbandingan
trigonometri yang menggunakan rumus
|
|
|
|
jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen
serta
|
|
|
|
jumlah dan selisih dua sudut.
|
|
5.
|
Memahami konsep limit, turunan dan
|
Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan
fungsi
|
|
|
integral dari fungsi aljabar dan fungsi
|
trigonometri.
|
|
|
trigonometri, serta mampu
|
Menyelesaikan soal aplikasi turunan fungsi.
|
|
|
menerapkannya dalam pemecahan
|
Menentukan
integral tak tentu dan integral tentu
|
|
|
masalah.
|
fungsi
aljabar dan fungsi trigonometri.
|
|
|
|
Menghitung luas daerah dan volume benda putar
|
|
|
|
dengan
menggunakan integral.
|
|
6.
|
Mengolah, menyajikan dan
|
Menghitung ukuran pemusatan atau ukuran letak
|
|
|
menafsirkan
data, serta mampu
|
dari
data dalam bentuk tabel, diagram atau grafik.
|
|
|
memahami kaidah pencacahan,
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan
|
|
|
permutasi, kombinasi, peluang
|
menggunakan
kaidah pencacahan, permutasi atau
|
|
|
kejadian dan mampu menerapkannya
|
kombinasi.
|
|
|
dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
|
|
|
|
peluang
suatu kejadian.
|
No comments:
Post a Comment