BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami hakikat biologi sebagai
|
Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
|
ilmu
dan mendeskripsikan objek
|
||
permasalahan
biologi melalui metode
|
||
ilmiah.
|
||
2.
|
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
|
Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria dan
|
dan
klasifikasinya, peranan
|
Eubacteria
bagi kehidupan manusia.
|
|
keanekaragaman hayati bagi
|
Mengidentifikasi ciri-ciri/peran kelompok jamur dan
|
|
kehidupan dan upaya pelestariannya.
|
protista
(jamur, protista, protozoa, alga).
|
|
Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.
|
||
Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya
alam
|
||
tertentu.
|
||
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan.
|
||
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan
|
||
invertebrata.
|
||
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan
|
||
vertebrata.
|
||
3.
|
Menganalisis hubungan antara
|
Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran
|
komponen ekosistem, perubahan
|
energi dalam suatu ekosistem.
|
|
materi dan energi serta peran manusia
|
Menjelaskan proses yang terjadi pada daur
|
|
dalam keseimbangan ekosistem.
|
biogeokimia.
|
|
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan
manusia
|
||
dengan masalah perubahan/pencemaran
lingkungan .
|
||
4.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi sel
|
Menjelaskan struktur sel dan komponen
kimiawinya,
|
serta mengaitkannya dengan struktur
|
serta proses yang terjadi pada sel.
|
|
dan fungsi jaringan.
|
Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan
dan
|
|
hewan.
|
||
Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi
jaringan pada
|
||
tumbuhan dan hewan.
|
||
5.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi
|
Menjelaskan mekanisme gerak
otot/sendi/penyakit
|
sistem organ manusia serta
|
pada sistem gerak pada manusia.
|
|
kelainan/penyakit yang mungkin
|
Menjelaskan sistem peredaran darah pada
manusia
|
|
terjadi pada organ tersebut.
|
dan gangguannya.
|
|
Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada
|
||
manusia dan gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia
dan
|
||
gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan
|
||
gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin
dan
|
||
pengindraan) pada manusia.
|
||
Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan
proses
|
||
pembentukan
sel kelamin.
|
||
Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
|
||
6.
|
Menjelaskan faktor-faktor yang
|
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan
dan
|
mempengaruhi proses pertumbuhan
|
perkembangan tumbuhan.
|
|
dan perkembangan yang terjadi pada
|
||
tumbuhan
melalui hasil percobaan
|
||
atau
pengamatan.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan proses metabolisme
|
Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari
faktor-faktor
|
karbohidrat
dan kemosintesis.
|
yang
dapat mempengaruhi kerja enzim.
|
|
Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat.
|
||
Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan
pada
|
||
proses
respirasi aerob.
|
||
Menjelaskan tahapan proses anabolisme
(fotosintesis)
|
||
pada
tumbuhan.
|
||
Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi
anaerob.
|
||
8.
|
Memahami konsep dasar hereditas,
|
Menjelaskan
susunan nukleotida DNA, RNA, atau
|
reproduksi
sel, penerapan prinsip-
|
kromosom.
|
|
prinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
|
Menjelaskan proses sintesis protein.
|
|
Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahan
|
||
mitosis/meiosis/gametogenesis.
|
||
Menginterpretasikan persilangan berdasarkan
hukum
|
||
Mendel.
|
||
Menginterpretasi persilangan pada
penyimpangan
|
||
semu hukum Mendel.
|
||
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit
menurun
|
||
pada manusia.
|
||
Menjelaskan
peristiwa mutasi.
|
||
9.
|
Menjelaskan teori evolusi dan
|
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan
|
implikasi pada perkembangan sains.
|
pembuktiannya.
|
|
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada evolusi.
|
||
10.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip dan
|
Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.
|
aplikasi bioteknologi
|
Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi
|
|
konvensional/ modern.
|
||
Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi
|
||
masyarakat dan lingkungan.
|
No comments:
Post a Comment