SILABUS MATA PPKN SMA/MA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas : X (sepuluh)
Kompetensi Inti :
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan
bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan
kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat.
1.2 Menghayati isi dan makna
pasal 28E dan 29 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
|
|
|
|
|
2.1 Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
|
|
|
|
|
2.2 Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
|
|
|
|
|
2.3 Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam
pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan (ipoleksosbudhankam).
|
|
|
|
|
|
2.4 Mengamalkan sikap toleransi antarumat
beragama dan kepercayaan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara..
2.5 Mengamalkan perilaku
toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
2.6 Mengamalkan nilai dan budaya demokrasi
dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari
dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
|
|
|
|
|
|
3.1
Menganalisis kasus-kasus pelanggaran
HAM dalam rangka pelindungan dan pemajuan HAM
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara.
4.1 Menyaji kasus–kasus pelanggaran HAM dalam rangka
perlindungan dan pemajuan
HAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
1. Kasus Pelanggaran HAM
|
Mengamati
·
Membaca berbagai kasus
pelanggaran HAM di Indonesia dari
berbagai media cetak
·
Mengamati berbagai kasus
pelanggaran HAM yang terjadi
dilingkungan masyarakat sekitar
·
Mendengar dan menyimak berbagai kasus
pelanggaran HAM yang terjadi di
Indonesia dari berbagai media elektronik
Menanya
·
Mempertanyakan contoh- contoh kasus
pelanggaran HAM yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
· Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan
kasus-kasus pelanggaran HAM
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang kasus
pelanggaran HAM di Indonesia
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan pelanggaran HAM
dengan aspek sosial–budaya dalam masyarakat Indonesia
·
Menganalisis hasil
temuannya berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM di Indonesia
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan
berbagai kasus pelanggaran HAM di wilayahnya berdasarkan hasil temuannya di
lapangan
· Menyampaikan hasil temuan
tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan, tulisan, gambar atau
media lainnya
|
1. Tugas:
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia
- Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
- Membuat laporan hasil pengamatan
- Mempresentasi-kan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2.
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan contoh kasus pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari
3.
Portofolio,
penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
kasus
pelanggaran HAM yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara (format portofolio terlampir)
4.
Tes
digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang
kasus pelanggaran HAM
|
3
minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
|
2. Upaya-Upaya Penegakan HAM di Indonesia
|
Mengamati
·
Membaca dari
berbagai sumber tentang pemajuan,penghormatan dan penegakan
dan Pengadilan HAM di Indonesia
Menanya
·
Mempertanyakan proses pemajuan, penghormatan dan penegakan
HAM di wilayahnya serta hambatan yang
ditemukan
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang upaya pemajuan,
penghormatan dan penegakan HAM di Indonesia
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan upaya penegakkan HAM dan berbagai
tantangannya di Indonesia
Mengomunikasikan
·
Membuat kesimpulan tentang pemajuan, penghormatan dan
penegakan HAM .
·
Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang penanganan beberapa kasus pelanggaran
HAM di Indonesia
·
Menyampaikan
beberapa tokoh dan lembaga yang bergerak
dalam penegakan HAM
|
1.
Tugas:
-
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang
pemajuan,penghormatan dan
penegakan dan Pengadilan HAM di
Indonesia
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan upaya penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia
3.
Portofolio,
penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
upaya penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia
(format portofolio terlampir)
4.
Tes
digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang upaya penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia
|
2
minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.2
Memahami pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.2 Menyaji
hasil telaah pokok-pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
1.
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
|
Mengamati
· Membaca dan menganalisa Pembukaan UUD NRI Tahun
1945
Menanya
· Bertanya jawab tentang Pembukaan UUD NRI Tahun
1945
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasikan
·
Mencari
hubungan alinea satu sampai alinea
empat dalam Pembukaan
UUD NRI Tahun 1945
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan hasil diskusi tentang Pembukaan
UUD NRI Tahun 1945
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasikan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
5. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
6.
Portofolio,
penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 (format portofolio
terlampir)
7.
Tes
digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
|
2 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
|
2.
Makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
|
Mengamati
· Menyimak makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Menanya
· Menanyakan makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD
NRI Tahun 1945
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasikan
· Mencari hubungan makna pokok pikiran yang terkandung
dari alinea satu sampai empat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
makna pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
|
1.
Tugas:
-
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang makna pokok-pokok
pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
3. Portofolio,
penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun
1945 (format portofolio
terlampir)
4. Tes
digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang makna pokok-pokok
yang terkandung dalam
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
|
2 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.3
Memahami bentuk dan kedaulatan
Negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3 Menyaji
hasil telaah bentuk dan kedaulatan negara sesuai
dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
1.
Bentuk
Negara dan Pemerin-tahan
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
Menanya
· Menanya tentang bentuk negara dan pemerintahan
yang sesuai
dengan UUD NRI Tahun 1945
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang bentuk Negara dan pemerintah yang sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasikan
· Mencari hubungan antara bentuk Negara dan pemerintah
Republik Indonesia dengan
Mengomunikasikan
· Menyimpulkan hasil diskusi tentang bentuk Negara
dan pemerintahan Indonesia sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
· Meyajikan hasil diskusi tentang bentuk Negara dan pemerintahan Indonesia sesuai dengan UUD NRI
Tahun 1945
|
1. Tugas:
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
3. Portofolio,
penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945 (format portofolio
terlampir)
4. Tes
digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
|
3 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
|
2.
Sistem
Pemerinta-han Negara
|
Mengamati
· Membaca dari
berbagai literatur tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia
Menanya
· Menanya tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara sistem pemerintahan Indonesia yang ada di Indonesia dengan sistem pemerintah yang
sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan sistem pemerintahan Indonesia yang sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
|
1. Tugas:
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasikan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan
sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia
3. Portofolio,
penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia (format portofolio terlampir)
4. Tes
digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia
|
2 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
|
3.
Kedaulatan
Negara
|
Mengamati
·
Mencari dari berbagai sumber tentang pengertian
kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara
Menanya
· Menanya tentang kedaulatan
Negara
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang kedaulatan Negara Republik Indonesia
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan pasal-pasal UUD NRI tahun 1945
dengan kedaulatan negara
Mengomunikasikan
· Menyimpulkan dasil diskusi tentang kedaulatan negara Indonesia sesuai dengan
UUD NRI Tahun 1945
· Mempresentasikan hasil pengumpulan data
tentang kedaulatan negara Indonesia sesuai dengan UUD
NRI Tahun 1945
|
1. Tugas:
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang kedaulatan dan macam-macam
kedaulatan negara
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan kedaulatan dan macam-macam
kedaulatan negara
3. Portofolio,
penilaian ini digunakan
untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kedaulatan dan macam-macam
kedaulatan negara (format
portofolio terlampir)
4. Tes
digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara
|
2 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.4
Memahami hubungan struktural dan
fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.4 Menyaji
hasil telaah hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah
menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.9.1
Berinteraksi
dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan
menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
1.
Hubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber tentang
hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Menanya
· Menanya tentang hubungan structural dan fungsional pemerintahan pusat dan
daerah menurut UUD NRI Tahun 1945
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan
pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Mengasosiasikan
· Mencari hubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
Mengomunikasikan
·
Menyimpulkan
hasil pengumpulan data tentang pelaksanaan hubungan struktural dan fungsional
pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
·
Mempresentasikan tentang pelaksanaan
hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
1. Tugas:
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan
pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan hubungan structural dan fungsional pemerintahan
pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun 1945
3. Portofolio,
penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
hubungan structural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD
NRI Tahun 1945 (format
portofolio terlampir)
4. Tes
digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang hubungan structural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah
menurut UUD NRI Tahun 1945
|
3 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
|
2.
Otonomi
daerah
|
Mengamati
· Membaca berbagai media mengenai
pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya
Menanya
· Menanya tentang pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang pelaksanaan
otonomi daerah di Indonesia
Mengasosiasikan
· Mencari hubungan antara pelaksanaan otonomi daerah dengan pembangunan yang dilakukan di daerahnya
masing-masing
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan hasil kajian pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya
|
1. Tugas:
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pelaksanaan otonomi daerah
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya
3. Portofolio,
penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya (format portofolio
terlampir)
4. Tes
digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya
|
2 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.5
Memahami sistem hukum dan peradilan
nasional dalam lingkup NKRI.
4.5 Menyaji
hasil telaah sistem
hukum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI
|
1.
Sistem hukum dalam NKRI
|
Mengamati
· Membaca tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan
hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia
Menanya
· Menanya tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan
hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
· Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang pengertian, tujuan,
macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di
Indonesia
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan rasa
keadilan masyarakat dengan sistem
hukum di Indonesia
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan
hasil diskusi tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan
hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan
hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan
hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia
3. Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
baik individu maupun kelompok tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta
urutan peraturan hukum di Indonesia
(format portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil
belajar secara individu tentang pengertian, tujuan,
macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di
Indonesia
|
2 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
|
2.
Sistem peradilan Indonesia
|
Mengamati
· Mencari informasi tentang pengertian, tujuan,
macam-macam peradilan di Indonesia
Menanya
·
Menanya tentang sistem peradilan di Indonesia,
perangkat lembaga peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga
peradilan
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang sistem
peradilan di Indonesia
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan proses
peradilan dengan putusan pengadilan yang berbeda-beda pada kasus yang sama
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan hasil
diskusi tentang sistem peradilan
nasional dalam lingkup NKRI
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan
hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan
dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga
peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan
3. Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga
peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan
(format portofolio terlampir)
4. Tes
digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga
peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan
|
3 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.6
Menganalisis
kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
4.6 Menyaji
analisis penanganan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai
warga negara
|
1.
Pelanggaran hak
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai media (cetak dan
elektronik) tentang contoh kasus pelanggaran
hak
Menanya
·
Menanya tentang berbagai bentuk contoh kasus pelanggaran
hak
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
·
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang berbagai contoh kasus pelanggaran hak
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara
pelanggaran hak dengan penanganan pelanggaran hak yang berbeda-beda pada
kasus yang sama
.
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang berbagai contoh kasus pelanggaran hak
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang contoh kasus pelanggaran hak
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pelanggaran hak
3. Portofolio,
·
penilaian ini digunakan
untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang contoh kasus pelanggaran hak
(format portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil
belajar secara individu tentang contoh kasus pelanggaran hak
|
2 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
|
2.
Pengingkaran kewajiban
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai media (cetak dan
elektronik) tentang contoh kasus pengingkaran
kewajiban
Menanya
·
Menanya tentang berbagai kasus pengingkaran kewajiban
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
·
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang berbagai kasus pengingkaran kewajiban
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara kasus
pengingkaran kewajiban dengan rasa tanggungjawab pribadi
.
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang berbagai bentuk kasus pengingkaran kewajiban
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang contoh kasus pengingkaran kewajiban
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasikan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pengingkaran kewajiban
3. Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
baik individu maupun kelompok tentang contoh kasus pengingkaran kewajiban
(format portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil
belajar secara individu tentang contoh kasus pengingkaran
kewajiban
|
2 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.7
Menganalisis indikator ancaman terhadap negara dalam membangun
integrasi nasional dengan bingkai BhinnekaTunggal Ika.
4.7
Menyaji hasil analisis tentang
indikator ancaman terhadap negara dalam
membangun integrasi nasional dengan bingkai Bhinneka
Tunggal Ika.
4.9.2 Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan
yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan
nasional
|
1.
Ancaman terhadap negara Indonesia
|
Mengamati
·
Membaca dari berbagai media (cetak dan
elektronik) tentang contoh kasus
ancaman terhadap negara Indonesia
Menanya
·
Menanya tentang berbagai bentuk ancaman terhadap
negara Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang berbagai bentuk
ancaman terhadap negara Indonesia
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara ancaman
yang dilakukan terhadap Indonesia dengan lemahnya rasa kebhinneka Tunggal
Ikaan warganegara
.
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan hasil diskusi tentang berbagai
bentuk ancaman terhadap Negara kesatuan Republik Indonesia
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasi-kan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia
3. Portofolio,
·
penilaian ini digunakan
untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia
(format portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia
|
3 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.8
Memahami pentingnya
kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik
Indonesia.
4.7
Menyaji analisis tentang
pentingnya kesadaran
berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
|
Kesadaran berbangsa dan bernegara
|
Mengamati
·
Membaca dari
berbagai literature tentang bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan bernegara dalam konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
Menanya
·
Menanya tentang kesadaran berbangsa dan bernegara dalam konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang kesadaran berbangsa dan bernegara dalam konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara kesadaran berbangsa dan bernegara dalam konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
Mengomunikasikan
·
Melaporkan
hasil pengumpulan data
berkaitan dengan kesadaran berbangsa dan bernegara dalam konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan
bernegara dalam konteks sejarah dan
geopolitik Indonesia
- Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
- Membuat laporan hasil pengumpulan data
- Mempresentasikan hasil
laporan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan bentuk-bentuk kesadaran
berbangsa dan bernegara dalam konteks
sejarah dan geopolitik Indonesia
3. Portofolio,
penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
bentuk-bentuk kesadaran
berbangsa dan bernegara dalam konteks
sejarah dan geopolitik Indonesia (format
portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan
bernegara dalam konteks sejarah dan
geopolitik Indonesia
|
3 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
Contoh
PENILAIAN
PRESENTASI
(hasil
pengumpulan data/laporan penelitian/dll)
Tanggal /bulan/tahun :
...............................................................................................
Nama/kelompok :
...............................................................................................
Kelas/Smt : ...............................................................................................
Mata
Pelajaran : ...............................................................................................
Judul
Presentasi : ………………………………………………………………………
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAGASAN
a.
Ide pokok laporan
b.
Keruntutan berpikir dari latar
belakang, masalah, tujuan, hasil, dan kesimpulan.
c.
Penggunaan Bahasa Indonesia.
|
15%
|
|
|
2
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN ISI PRESENTASI
a.
Kelancaran penyampaian gagasan
b.
Kejelasan metode dan prosedur
kerja
|
15%
|
|
|
3
|
KEMAMPUAN MENUNJUKKAN ORISINALITAS
a.
Bukti empirik atas argumen
b.
Konsistensi argumentasi
|
15%
|
|
|
4
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN INOVASI DAN MANFAAT
a.
Sifat kebaruan hasil karya
b.
Kesesuaian antara materi penulisan
dengan penugasan dari guru
|
15%
|
|
|
5
|
KEMAMPUAN MEMPERTAHANKAN KONSEP DALAM MENJAWAB PERTANYAAN
|
20%
|
|
|
|
a.
Kemampuan berargumentasi,
ketangguhan dan konsistensi, berkomunikasi lisan
b.
Keruntutan dalam penalaran
c.
Ketepatan dalam menjawab
pertanyaan
d.
Akurasi uraian materi dengan
kesimpulan
|
|
|
|
6
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN HASIL
|
15%
|
|
|
|
a.
Originalitas atas keaslian
karya
b.
Keefektifan atau pencapaian
tujuan/prestasi
c.
Dampak atau manfaatnya
|
|
|
|
7
|
SIKAP DALAM PRESENTASI
|
5%
|
|
|
|
a.
Kerapihan
b.
Kesopanan
|
|
|
|
Catatan : Skor 1-5 (1. Sangat Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
Nilai = bobot x skor
Jakarta, 2013
Guru
Mata Pelajaran
...........................................................
Contoh
PENILAIAN
PORTOFOLIO
(hasil
pengumpulan data/laporan penelitian/dll)
Tanggal /bulan/tahun :
...............................................................................................
Nama peserta didik :
...............................................................................................
Kelas/Smt : ...............................................................................................
Mata
Pelajaran : ...............................................................................................
Kompetensi
Inti/Kompetensi Dasar :
………………………………………………………………………
No
|
Komponen Portofolio
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
KERUNTUTAN PENYUSUNAN PORTOFOLIO
d.
Runtut dari tugas awal sampai
akhir (lengkap)
e.
Runtut berdasarkan hari,
tanggal, bulan dan tahun
f.
………………….
|
25%
|
|
|
2
|
KELENGKAPAN PORTOFOLIO
c.
a. Lengkap setiap Kompetensi Inti dan Kompentensi Dasar
d.
b. …………………………..
|
25%
|
|
|
3
|
KERAPIAN PENYUSUNAN PORTOFOLIO
c.
Rapi dan tidak kotor
d.
………………………
|
25%
|
|
|
4
|
KEBERMANFAATAN PORTOFOLIO
c.
Bermanfaat untuk perbaikan
dimasa depan
d.
………………………..
|
25%
|
|
|
Catatan : Skor 1-5 (1. Sangat Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
Nilai = bobot x skor
Jakarta, 2013
Guru
Mata Pelajaran
...........................................................
No comments:
Post a Comment