Pura Rambut Siwi
Memuja Dewanya Pertanian
PURA Rambut Siwi kurang lebih 17 km di timur kota Negara, adalah pura untuk memuja Tuhan
sebagai dewanya pertanian. Turun ke bawah di bagian tenggara Pura Rambut Siwi
terdapat Pura Segara. Pura ini ada juga yang menyebutnya Pura Taman.
Bersebelahan dengan Pura Segara itu terdapat Pura Penataran. Dalam acara
persembahyangan apalagi kalau ada pujawali atau piodalan, ketiga pura itu
sangat nampak keterkaitannya. Pujawali diadakan setiap enam bulan wuku yaitu
pada hari Buda Umanis Prangbakat. Umumnya kalau kita bersembahyang ke Pura
Rambut Siwi ini pasti juga dilakukan persembahyangan di Pura Segara dan Pura
Penataran.
Naik ke atas di barat dayanya
barulah Pura Rambut Siwi berdiri megah. Memperhatikan susunan letak tiga pura
tersebut nampak pura tersebut sangat tua umurnya. Karena sebelum Mpu
Kuturan mengajarkan pembangunan Kahyangan Tiga di setiap desa pakraman di Bali
sudah ada tiga jenis pura di setiap kerajaan di Bali yaitu Pura Segara, Pura
Penataran dan Pura Puncak. Pura Rambut Siwi ini tergolong Pura Puncak-nya
karena letaknya di puncak atau di dataran tinggi kalau dilihat dari Pura Segara
dan Penataran. Hal ini melambangkan pemujaan Tuhan menjiwai Bhur Loka, Bhuwah
Loka dan Swah Loka. Tiga pura tersebut melukiskan bahwa Tuhan itu ada di
mana-mana, di alam bawah, tengah maupun di alam atas.
Rambut Dang Hyang Nirartha
Santa dyauh santa prthivi
Santam idam idam urvantariksam
Santam udanvatir apah
Santa nah santu-osadhih.
Athrvaveda XIX.9.1).
Maksudnya: semoga langit penuh damai. Semoga bumi bebas dari
gangguan-gangguan. Semoga lapisan udara yang meliputi bumi (atmosfir) yang luas
menjadi tenang. Semoga air terus mengalir memberikan kehidupan dan kesejukan.
Semoga semua tanaman tumbuh menjadi bermanfaat untuk kami.
Di samping itu, tiga pura ini sebagai media untuk memohon
kedamaian di Tri Loka tersebut. Memohon kedamaian di Tri Loka itu dinyatakan
dalam mantram Atharvaveda dalam kutipan di atas. Kalau langit, udara dan tanah
serta air di bumi dalam keadaan damai maka kehidupan agraris yang berpangkal
pada eksistensi pertanian pasti berlangsung dengan baik. Masyarakat di daerah
Jembrana memohon kepada Tuhan di Pura Rambut Siwi dengan Pura Penataran dan
Pura Segara-nya agar bumi, udara dan langit tidak terganggu fungsinya menjadi
sumber kehidupan ekonomi agraris di Jembrana. Kemakmuran ekonomi itu sangat
tergantung pada tercukupnya kebutuhan masyarakat akan makan, minum, sandang dan
perumahan. Kalau tanah dan air rusak, udara kotor penuh polusi maka pertanian
itu akan sulit dikembangkan dengan baik.
Mengapa pura ini sekarang lebih terkenal dengan sebutan Pura Rambut Siwi? Hal itu terkait dengan mitologi kedatangan Mpu Dang Hyang Nirartha dari Jawa Timur atau Majapahit ke Bali. Menurut Mpu Bhaskara Murti dari Geria Madu Sudana di kota Negara, saat Mpu Dang Hyang Nirartha ke Bali salah satu pura yang beliau kunjungi adalah Pura Rambut Siwi. Saat beliau memasuki pura, penjaga pura mengharuskan agar Mpu Dang Hyang Nirartha sembahyang di pura tersebut. Kalau tidak, beliau akan diterkam oleh harimau. Karena diharuskan, menyembahlah beliau di pura tersebut. Ternyata pura tersebut menjadi hancur berantakan. Karena demikian, penjaga pura akhirnya mohon maaf kepada Mpu Dang Hyang Nirartha. Di samping itu penjaga pura mohon agar pura itu dikembalikan pada keadaan semula. Atas kewisesaan Mpu Dang Hyang Nirartha, pura itu pun kembali utuh seperti sediakala. Mpu Dang Hyang Nirartha mengambil sehelai rambut beliau diletakkan di pura tersebut untuk dijadikan sarana pemujaan di pura tersebut. Sejak itulah pura tersebut bernama Pura Rambut Siwi. Nama Rambut Siwi inilah yang lebih populer sampai saat ini.
Mengapa pura ini sekarang lebih terkenal dengan sebutan Pura Rambut Siwi? Hal itu terkait dengan mitologi kedatangan Mpu Dang Hyang Nirartha dari Jawa Timur atau Majapahit ke Bali. Menurut Mpu Bhaskara Murti dari Geria Madu Sudana di kota Negara, saat Mpu Dang Hyang Nirartha ke Bali salah satu pura yang beliau kunjungi adalah Pura Rambut Siwi. Saat beliau memasuki pura, penjaga pura mengharuskan agar Mpu Dang Hyang Nirartha sembahyang di pura tersebut. Kalau tidak, beliau akan diterkam oleh harimau. Karena diharuskan, menyembahlah beliau di pura tersebut. Ternyata pura tersebut menjadi hancur berantakan. Karena demikian, penjaga pura akhirnya mohon maaf kepada Mpu Dang Hyang Nirartha. Di samping itu penjaga pura mohon agar pura itu dikembalikan pada keadaan semula. Atas kewisesaan Mpu Dang Hyang Nirartha, pura itu pun kembali utuh seperti sediakala. Mpu Dang Hyang Nirartha mengambil sehelai rambut beliau diletakkan di pura tersebut untuk dijadikan sarana pemujaan di pura tersebut. Sejak itulah pura tersebut bernama Pura Rambut Siwi. Nama Rambut Siwi inilah yang lebih populer sampai saat ini.
Saat Mpu Dang Hyang Nirartha ke Bali yang berkuasa di Jembrana
adalah I Gusti Ngurah Rangsasa. Konon penguasa ini menganut ajaran Bairawa.
Ajaran Bairawa ini bersumber dari ajaran Tantrayana. Pada zaman dahulu banyak
yang menyalahartikan ajaran Tantrayana ini. Misalnya salah satu ajarannya ada
yang menyatakan tentang maituna yang diartikan sebagai hubungan seks secara
bebas dan erotis. Hakikat ajaran maituna adalah suatu sikap yoga untuk
menguatkan dan meningkatkan hubungan purusa dengan pradana dalam diri. Dari
hubungan tersebut akan muncul daya spiritual dari dalam diri yang lebih hebat.
Daya spiritual itu akan mampu mengekspresikan kesucian Atman mencapai
Brahman/keadaan diri yang seperti itu akan berdaya guna untuk membangun jati
diri yang sehat jasmani dan rohani. Dalam Mahanirwana Tantra dinyatakan bahwa
Tantrayana itu menguatkan kekuatan Guna Sattwam dan Rajas secara seimbang
menguasai pikiran. Pikiran yang dikuatkan oleh Guna Sattwam dan Rajas itu akan
mampu membuat manusia berniat baik dan berbuat baik secara nyata.
Nampaknya ajaran Tantrayana inilah yang diluruskan oleh Mpu Dang Hyang Nirartha ketika datang di Jembrana khususnya dan di Bali pada umumnya.
Nampaknya ajaran Tantrayana inilah yang diluruskan oleh Mpu Dang Hyang Nirartha ketika datang di Jembrana khususnya dan di Bali pada umumnya.
Delapan Pura
Sampai saat ini pemedek yang tangkil ke Pura Rambut Siwi bukan
hanya warga setempat saja. Banyak orang dari luar Jembrana datang ke pura untuk
sembahyang dan memohon keselamatan serta kesejahteraan. Seka subak, baik subak
sawah maupun subak abian juga banyak yang melakukan persembahyangan di pura
ini.
Disekitar Pura Luhur Rambut Siwi terdapat tujuh pura atau delapan
termasuk Pura Luhur. Bagi umat yang pedek tangkil diharapkan mengikuti urutan
tersebut. Pertama, persembahyangan dilakukan di Pura Pesanggrahan yang letaknya
di pinggir jalan Denpasar-Gilimanuk. Selanjutnya persembahyangan dilanjutkan ke
Pura Taman yang berada disebelah timur jalan masuk ke lokasi Pura Rambut Siwi.
Selesai di Pura Taman, pemedek menuju ke Pura Penataran, lokasinya
berada di timur Pura Luhur dan turun ke bawah. Selanjutnya persembahyangan
dilanjutkan ke Pura Goa Tirta, Pura Melanting, Pura Gading Wani dan Pura Ratu
Gede Dalem Peed. Setiap persembahyangan di Pura Ratu Gede Dalem Peed ini,
pemedek mendapatkan gelang tri datu (hitam, merah, putih). Setelah itu,
persembahyangan diakhiri di Pura Luhur Rambut Siwi.
Dikawasan pura ini, Pura Penataran dan Pura Luhur merupankan pura
inti, sedangkan yang lainnya perupakan pesanakan. Di Pura luhur terdapat 13
bangunan pelinggih. Bangunan itu antara lain Padma, Pengayeng Gunung Agung,
Meru Tiga linggih Ida Batara Sakti Wawu Rauh, Gedong, Pelinggih Ratu Nyoman
Sakti, pelinggih tumpang dua linggih Batara Dewa Ayu Ulun Danu, Palinggih
Rambut Sedana, Taksu, Pepelik, Piasan, Peselang, Bale Gong dan Gedong
Pesimpenan.
No comments:
Post a Comment