viral

loading...

Tuesday, February 18, 2014

Penciptaan Alam Semesta dalam Kitab Upanisad

Konsep Penciptaan dalam Kitab Upanisad

Proses penciptaan alam semesta
Kitab Brhad Aranyaka Upanisad  menjelaskan bahwa Bhuwana Agung yang  diciptakan Tuhan adalah pelukisan dari Tuhan  itu sendiri yang dilukiskan dalam wujud personifikasi yang  abstraktif. Penciptaan Bhuwana Agung merupakan gambaran dari tubuh Tuhan dalam personifikasi abstraktif dan bumi yang kita tempati  merupakan  bagian kecil dari tubuh Tuhan.
(Brhad Aranyaka Up. I.1)
(Aum sesungguhnya, fajar  adalah kepala dari kuda  yajna,  matahari  adalah matahari, agni adalah  nafasnya, mulutnya yang terbuka adalah   api  vaisavanara; tahun adalah tubuh dari kuda yadnya,  langit   adalah  punggungnya, antariksa adalah perutnya, bumi sebagai telapak  kakinya …….. dst ).
Kitab  Mundaka Upanisad  masa penciptaan  (Srsti) digambarkan seperti halnya  seekor laba-laba  yang mengeluarkan  sarangnya pada masa penciptaan dan menariknya kembali ke dalam perut pada saat peleburan (Pralaya).
(Mundaka Up. I.1.7)

(Seperti  laba-laba mengeluarkan dan menarik benangnya, seperti tumbuh-tumbuhan bahan obat tumbuh di bumi, seperti rambut yang tumbuh di kepala dan badan orang, demikian alam semesta ini muncul dari Tuhan Yang Maha Esa.

No comments:

Post a Comment