Yoga
Lomaharsana
kemudian menjelaskan demikiann. (Yoga secara tata bahasa berarti
penyatuan. Yoga adalah tehnik yang memungkinkan seseorang untuk menyadari
penyatuan antara roh ilahi9paramatman) dan roh manusia individu
(atman/jiwatman).
Siwa
juga dikenal sebagai pasupati. Teknik Yoga yang diajarkan oleh dewa siva
disebut sebagai pasupata Yoga. Dan untuk mengajarkan Yoga
ini, dewa siwa beringkarnasi dalam setiap kaliyuga. Pada kalpa yang sekarang
ini, ada duapuluh delapan kaliyuga berlalu, sehingga ada duapuluh delapan
ingkarnasi telah hadir yang kesemuanya dikenal sebagai yogesvara. Mereka
adalah:
- Sveta
- Sutara
- Madana
- Suhotra
- Kencana
- Lokaksi
- Jaigisavya
- Dadhivahana
- Rsabha
- Muni
- Ugra
- Vali
- Gautama
- Vedasirsa
- Gokarna
- Guhavasi
- Sikhandabhrt
- Jatamali
- Atthasa
- Daruka
- Langli
- Mahkaya
- Suli
- Mundisvara
- Sahisnu
- Somasarma
- Jagadguru
- Atri
Setiap
yogesvara ini memiliki empat orang murid.
Dan juga dinyatakan bahwa sebenarnya siwa lah yang menjelma atau
berengkarnasi menjadi vedavyasa yang turun dalam setiap jaman dvaparayuga.
Karena sudah ada dua puluh delapan dvapara yuga maka dengan sendirinya dua
puluh delapan vedavyasa yang telah lahir.
Nama-nama
mereka adalah:
- Kratu
- Satya
- Bhargava
- Angira
- Mrtyu
- Satakratu
- Vasistha
- Sarasvata
- Tridharma
- Trivrta
- Narayana
- Taraksu
- Aruni
- Devaratanjaya
- Rtanjaya
- Bharadvaja
- Gautama
- Vacasrava
- Susmayani
- Trnavindu
- Raksa
- Saktri
- Dhimana
- Satateja
- Parasara
- Jatukarna
- Krsna dvaipayana
(Nama-nama
yang diberikan dalam daftar ini tidak selalu sama dengan nama yang diberikan
dalam purana-purana lainnya).
Yoga
memiliki delapan komponen yang dikenal sebagai astanga Yoga. Delapan komponen
itu adalah:yama, niyama, asana, pranayama, pratyahara, dharana, dhayana, dan
Samadhi. Yama adalah persiapan sebelum menuju meditasi, dan ini hendaknya
ditunjang dengan latihan ahimsa, tanpa kekerasan. Niyama merupakan aturan tertentu yang harus
dipatuhi, aturan-aturan ini meliputi kejujuran, selibat (pembujangan), dan
tidak ada rasa iri hati. Aturan ini juga melibatkan kesucian, pemberian sedekah
dan melakukan puasa pada waktu yang ditentukan . pranayama berarti pengendalian
nafas. Ini henaknya dilakukan dalam sikap tubuh yang benar yang disebut sebagai
asana. Pratyahara menyatakan penarikan pikiran dari segala kecenderungan pada
pengajaran hal-hal material dan kenikmatan indra. Sebuah gambaran hendaknya
ditetapkan untuk melakukan meditasi.
Jika perwujudan tuhan dalam bentuk gambaran atau patung telah terikat
dalam pikiran, maka proses ini disebut sebagai dharma dan proses meditasi yang
benar adalah dhayana. Sedangkan Samadhi merupakan tahap akhir dari meditasi,
berupa kesadaran akan kesatuan atman dan paramatman.
Yoga
hendaknya selalu dilakukan ditempat yang tepat. Mereka yang melakukan Yoga
hendaknya tidak ditempat yang dekat dengan perapian, dekat kuburan atau tempat
yang sering didatangi binatang buas. Hendaknya tidak ada suara gaduhatau
serangga yang dapat mengganggu perhatian. Tempat yang baik untuk melatih Yoga
adalah sebuah gua.
Terkadang
orang sering membayangkan bahwa Yoga adalah hal yang mudah. Namun
sebenarnya banyak halangan dan rintangan yang dapat membuat seorang
melenceng dari jalan Yoga.
Dalam melaksanakan latihan Yoga, seorang dilatih untuk berjuang
keras melawan kemalasan dan kelambanan. Dan ketika ia telah mencapai kemajuan,
maka akan ada berbagai jenis ilusi yang membuatnya terhalusinasi. Disana mereka
akan bertemu dengan makhluk-makhluk halus dan mereka juga akan mendapatkan
kekuatan-kekuatan batin yang jika salah penggunaannya akan membuat kehancuran
sendiri. Akan tetapi jika seseorang berhasil menaklukan semua halangan ini,
maka kebahagiaan yang sejati akan tercapai.
No comments:
Post a Comment