viral

loading...

Wednesday, August 20, 2014

Keagungan pohon Rudhraksha dan nama Shiva

Keagungan Rudhraksha dan Nama Siva

Siva
Tuan rshi Suta, murid rshi Vyasa yang amat beruntung, sujud kami pada anda. Mohon  jelaskanlah pada kami tentang keagungan abu suci, Rudhraksha dan nama Shiva. Dengan penuh kasih anda jelaskanlah pada kami agar pikiran kami bisa senang.
Rshi Suta berkata :
Bagus jika kalian telah menanyakan hal yang bisa membuat kebaikan pada seluruh dunia. Kalian terberkati, suci, dan menjadi permata dari keluarga kalian, karena kalian telah memiliki Shiva sebagai dewa tertinggi kalian. Kisah-kisah ayng berhubungan dengan Shiva akan senantiasa menjadi kesenangan kalian.

Mereka yang memuja Shiva akan terberkati dan senantiasa puas. Kelahiran mereka berguna dan keluarga mereka akan terangkat.
Dosa tidak akan pernah menyentuh merekayang dari multunya senantiasa mengalir nama Shiva, Sadasiva dan sebagainya selamanya, sebagaimana kita tidak akan berani menyentuh bara api pohon Khadira.

Jika sebuah mulut terbuka dan berkata “Sujud kami pada anda Shiva yang maha suci” maka mulut itu adalah sebuah benda suci yang akan menghancurkan segala dosa.
Sudah bisa dipastikan pahala yang didapatkan dari melakukan Tirtayatra akan didapatkan oleh mereka yang memandang wajah Shiva dengan penuh bhakti.
Para brahmana sekalian, tempat dimana ketiga hal ini bisa ditemukan adalah tempat yang tersuci. Hanya dengan kontak pribadi saja dengan tempat seperti itu maka sama saja dengan mendapatkan pahala melakukan permandian suci di sungai Triveni yang suci.

Nama Shiva, abu suci dan biji Rudhraksha adalah tiga benda suci yang sejajar kesuciannya dengan sungai Triveni * (pertemuan tiga sungai suci Gangga, Yamuna dan Saraswati, terletak di Prayaga, sekarang menjadi Allahabad)
Penampakan orang yang memiliki tiga hal suci ini sungguh jarang terjadi. Jika ini bisa ditemukan maka akan menghapuskan segala dosa.
Samasekali tidak ada beda antara kedua hal ini melihat orang suci atau melakukan permandian suci di Triveni. Orang yang tidak menyadari hal ii tentu saja adalah seorang pendosa.
Orang yang tidak memakai abu suci di dahinya, tidak memakai biji Rudhraksha, dan tidak menyebutkan nama Shiva harus dianggap sebagai orang jahat.
Sebagaimana yang dinyatakan oleh Brahma, nama Shiva adalah sama sucinya dengan sungai Gangga, abu suci sama dengan Yamuna, dan Rudhraksha yang menghapuskan segala dosa, seimbang dengan kesucian Saraswati.
Brahma pernah menguji kehebatan pahala dari orang yang memakai tiga hal tadi dengan orang yang melakukan permandian suci di Triveni dan mendapatkan bahwa keduanya memiliki berat yang sama. Oleh karena itulah par sarjana Veda atau mereka yang melakukan disiplin spiritual hendaknya memakai tiga benda tadi

Sejak saat itulah Brahma, Vishnu, dan para dewa yang lainnya memakai tiga benda itu. Dan walau hanya penampakan mereka akan menghancurkan segala dosa.

Para rshi berkata :
Tuan rshi yang bijak, anda telah menjelaskan pahala dari tiga hal seperti nama Shiva dan sebagainya. Mohon jelaskanlah lebih terperinci lagi.

Rshi Suta berkata :
Para rshi sekalian, anda sekalian ada lah penyembah Shiva yang taat da ndianugrahi dengan kecerdasan yang tinggi. Anda adalah yang utama diantara para bijak. Maka dengarkanlah penjelasan ini dengan penuh bhakti akan keagungan.
Para brahmin sekalian, penjelasan ini tersembunyi dalam semua kitab suci, Veda dan Purana. Karena kasihku pada kalian maka aku akan mengungkapkannya pada kalian.
Yang utama diantara para Brahmana, Siapa lagi yang bisa mengetahui makna sebenarnya dari rahasia ini selain Shiva sendiri yang mengatasi segala bentuk semesta?
Secara singkat aku akan menceritakan pada kalian tentang keagungan nama-nama itukarena kasihku pada kalian. Para brahman sekalian apakah kalian bersedia mendengarkan penjelasan dari keagungan : sang penghapus segala dosa.
Tumpukan dosa dosa yang besar akan terbakar menjadi abu seperti kebakaran hutan yang dilahap oleh api nama Shiva. Semua dosa itu akan menjadi abu dalam waktu sekejap. Ini adalah nyata adanya, tida kdiragukan lagi bahwa semua ini adalah kebenaran.
Saunaka, berbaagi derita akibat dosa bisa dihancurkan hanya dengan mengucapkan nama Shiva dan tidak bisa dilakukan dengan nama lain.
Orang yang menyibukkan diri dengan melakukan japa pengulangan nama Shiva didunia ini adalah seorang penganut Veda yang sebenarnya, sebuah jiwa yang penuh pahala, dan sarjana yang terpelajar.
Para rshi sekalian, pahala yang seketika adalah hasil lain dari ritual yang dilakukan oleh mereka yang penuh keyakinan pada Japa nama Shiva.
Para rshi, begitu banyak dosa yang dilakukan oleh manusia didunia, maka yang menjadi obatnya hanyalah nama Shiva.
Para rshi, nama Shiva yang diucapkan oleh seseorang, seketika itu juga akan menghancurkan tumpukan dosa yang dilakukannya bahkan dosa membunuh brahmana sekalipun.
Mereka yang menyeberangi lautan keduniawian dengan perahu nama Shiva sudah pasti akan menghancurkan segala dosa yang menjadi akar dari kesadaran duniawi itu.
Para rshi yang agung, akar dari kesadaran duniawi yangberupa dosa-dosa akan segera dipotong oleh kapak nama Shiva.
Nektar nama Shiva hendaknya diminum oleh mereka yang menderita dan sedih oleh derita dosa. Tanpanya, orang yang disengat oleh penderitaan dosa tidak akan pernah memiliki kedamaian.
Mereka yang telah meminum nektar nama Shiva tidak akan pernah merasa tidak enak atau gelisah dalam gejolak keduniawian.
Jiva-jiva yang agung yangtelah memiliki pengabdian yang tulus pada nama Shiva, dan merekayang seperti jiva-jiva itu, akan mencapai pembebasan yang sempurna segera.
Penguasa dari para rshi, pengabdian pada nama Shiva, yang menghancurkan segala dosa bisa didapatkan oleh mereka yang telah melakukan tapabrata selama berkali-kali kelahiran.
Pembebasan dengan mudah bisa didapatkan oleh mereka yang memiliki bhakti yang istimewa dan tidak terpatahkan pada nama Shiva. Aku yakin akan hal ini.
Meskipun ia telah melakukan banyak dosa, seseorang yang memiliki rasa bhakti pada Japa nama Shiva, sudah pasti akan terbebas dari segala dosa.
Sebagaimana pepohonan dalam hutan yang habis dibakar oleh api yang besar demikian pula tumpukan dosa akan dibakar oleh nama Shiva.
Rshi Saunaka, ia yang senantiasa secara teratur memakai abu suci ditubuhnya,dan melakukan japa nama Shiva, akan sanggup menyeberangi lautan keduniawian yang paling ganas sekalipun.
Orang yang melakukan japa pada nama Shiva tidak akan tersentuh oleh dosa bahkan oleh dosa mencuri milik brahmana ataupun membunuh banyak brahmana sekalipun.
Setelah meneliti semua isi kitab Veda, maka para leluhur kita mengambil kesimpulan akhir bahwa cara yang termulia untuk mengarungi lautan keduniawian adalah dengan melakukan japa nama Shiva.
Para rshi yang mulia, perlukah aku mengatakan lebih banyak lagi? Dengan satu sloka aku hars menjelaskan keagungan nama Shiva yang sanggup menghancurkan segala dosa.
Kekuatan nama Shiva dalam menghancurkan dosa-dosasungguh sangat jauh dari bayangan manusia.
Para rshi sekalian, pada jaman dahulu, raja Indradyumna yang sebelumnya adalah seorang penjahat besar kemudian menjadi seorang jiva yang agung melalui nama Shiva.
Para rshi sekalian, seorang brahmana wanita yang terikat melakukan dosa yang amat besar tiba-tiba mencapai kesucian yang tinggi, hanya melalui nama Shiva.
Para brahmana yang istimewa sekalian, demikianlah aku telah menceritakan pada kalian tentang keistimewaan nama Shiva. Sekarang dengarkanlah pada keagungan abu suci, yang tersuci diantara segala benda suci.

No comments:

Post a Comment