MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPS/KEAGAMAAN)
| 
NO | 
KOMPETENSI | 
INDIKATOR |  | 
|  |  |  |  | 
| 
1. | 
Menggunakan logika matematika | 
Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari
  suatu |  | 
|  | 
dalam
  pemecahan masalah | 
pernyataan
  majemuk atau pernyataan berkuantor. |  | 
|  |  | 
Menentukan kesimpulan dari beberapa premis. |  | 
| 
2. | 
Memahami konsep yang berkaitan | 
Menentukan hasil operasi bentuk pangkat,
  akar, dan |  | 
|  | 
dengan
  aturan pangkat, akar dan | 
logaritma. |  | 
|  | 
logaritma, fungsi aljabar sederhana, | 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  grafik |  | 
|  | 
fungsi kuadrat dan grafiknya, | 
fungsi
  kuadrat. |  | 
|  | 
persamaan dan pertidaksamaan | 
Menentukan komposisi dua fungsi dan invers
  suatu |  | 
|  | 
kuadrat, komposisi dan invers fungsi, | 
fungsi. |  | 
|  | 
sistem persamaan linear, program | 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan |  | 
|  | 
linear, matriks, barisan dan deret, | 
persamaan
  kuadrat. |  | 
|  | 
serta mampu menggunakannya dalam | 
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat. |  | 
|  | 
pemecahan masalah. | 
Menentukan penyelesaian dari sistem persamaan |  | 
|  |  |  | |
|  |  | 
linear dua variabel. |  | 
|  |  | 
Menyelesaikan masalah sehari-hari  yang berkaitan |  | 
|  |  | 
dengan sistem persamaan linear dua variabel. |  | 
|  |  | 
Menentukan nilai optimum bentuk objektif dari |  | 
|  |  | 
daerah himpunan penyelesaian sistem |  | 
|  |  | 
pertidaksamaan linear. |  | 
|  |  | 
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
  berkaitan |  | 
|  |  | 
dengan program linear. |  | 
|  |  | 
Menyelesaikan masalah matriks yang berkaitan |  | 
|  |  | 
dengan kesamaan, determinan, dan atau invers |  | 
|  |  | 
matriks. |  | 
|  |  | 
Menentukan suku ke-n atau jumlah n
  suku pertama |  | 
|  |  | 
deret aritmetika atau geometri. |  | 
|  |  | 
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
  berkaitan |  | 
|  |  | 
dengan barisan dan deret aritmetika. |  | 
| 
3. | 
Memahami limit fungsi aljabar, | 
Menghitung nilai limit fungsi aljabar. |  | 
|  | 
turunan fungsi, nilai ekstrim, dan | 
Menentukan turunan fungsi aljabar dan
  aplikasinya. |  | 
|  | 
integral 
  fungsi serta menerapkannya | 
Menentukan integral fungsi aljabar. |  | 
|  | 
dalam pemecahan masalah. | 
Menentukan luas daerah dengan menggunakan |  | 
|  |  | 
integral. |  | 
| 
4. | 
Mengolah, menyajikan, dan | 
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
  berkaitan |  | 
|  | 
menafsirkan data dan memahami | 
dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau |  | 
|  | 
kaidah pencacahan, permutasi, | 
kombinasi. |  | 
|  | 
kombinasi dan peluang kejadian serta | 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan |  | 
|  | 
mampu menerapkannya dalam | 
peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian. |  | 
|  | 
pemecahan masalah. | 
Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran |  | 
|  |  | 
atau batang. |  | 
|  |  | 
Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data
  dalam |  | 
|  |  | 
bentuk tabel atau diagram. |  | 
|  |  | 
Menentukan nilai ukuran penyebaran. |  | 

 
 
No comments:
Post a Comment