BAHASA INGGRIS SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)
| 
NO | 
KOMPETENSI | 
INDIKATOR | 
|  |  |  | 
| 
1. | 
LISTENING (Mendengarkan) | 
Menentukan gambaran umum atau informasi
  tertentu/ | 
|  | 
Memahami
  makna dalam wacana | 
rinci
  dari sebuah percakapan interpersonal/ | 
|  | 
lisan interpersonal dan transaksional | 
transaksional
  secara formal atau informal. | 
|  | 
secara formal maupun informal dalam | 
Menentukan respon yang tepat terhadap
  percakapan | 
|  | 
konteks kehidupan sehari-hari, | 
transaksional/interpersonal
  secara formal atau | 
|  | 
terutama dalam bentuk teks | 
informal. | 
|  | 
fungsional pendek, recount, news | 
Menentukan gambar yang tepat sesuai dengan | 
|  | 
item, report, narrative, descriptive | 
informasi
  yang ada di dalam percakapan | 
|  | 
dan review. | 
interpersonal/transaksional
  secara formal atau | 
|  |  | 
informal. | 
|  |  | 
Menentukan gambar yang sesuai dengan teks | 
|  |  | 
monolog
  yang diperdengarkan. | 
|  |  | 
Menentukan gambaran umum atau informasi
  tertentu/ | 
|  |  | 
tersirat/rinci dari sebuah teks monolog yang | 
|  |  | 
diperdengarkan. | 
| 
2. | 
READING (Membaca) Memahami | 
Menentukan gambaran umum atau informasi | 
|  | 
makna dalam wacana tertulis | 
rinci/tersirat/tertentu atau makna
  kata/frasa/kalimat | 
|  | 
secara formal maupun informal | 
atau pikiran utama paragraph/ rujukan kata
  atau | 
|  | 
dalam konteks kehidupan sehari- | 
tujuan komunikatif dari teks fungsional
  pendek | 
|  | 
hari, dalam bentuk teks fungsional | 
berbentuk letter/e-mail. | 
|  | 
pendek, recount, news item, report, | 
Menentukan gambaran umum atau informasi
  tertentu/ | 
|  | 
analytical exposition, hortatory | 
rinci/tersirat atau rujukan kata atau makna
  kata/frasa | 
|  | 
exposition, explanation, discussion | 
dari teks tertulis fungsional pendek
  berbentuk | 
|  | 
dan review. | 
advertisement/brochure. | 
|  |  | 
Menentukan gambaran umum atau informasi | 
|  |  | 
tertentu/rinci/tersirat atau makna
  kata/frasa/kalimat | 
|  |  | 
atau tujuan komunikatif/pikiran utama | 
|  |  | 
paragraf/rujukan kata dari teks tertulis
  berbentuk | 
|  |  | 
news item. | 
|  |  | 
Menentukan informasi tertentu/rinci/tersirat
  atau | 
|  |  | 
makna kata/frasa/kalimat atau gambaran | 
|  |  | 
umum/tujuan komunikatif/pikiran utama
  paragraf/ | 
|  |  | 
rujukan kata dari teks tertulis berbentuk recount. | 
|  |  | 
Menentukan gambaran umum atau informasi
  tertentu/ | 
|  |  | 
tersirat/rinci atau tujuan komunikatif atau
  makna | 
|  |  | 
kata/frasa/kalimat atau  rujukan kata/ pikiran utama | 
|  |  | 
paragraf dari teks tertulis berbentuk explanation. | 
|  |  | 
Menentukan gambaran umum atau informasi
  tertentu/ | 
|  |  | 
tersirat/rinci atau pikiran utama paragraf
  atau makna | 
|  |  | 
kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/tujuan
  komunikatif | 
|  |  | 
dari teks tertulis berbentuk exposition. | 
|  |  | 
Menentukan gambaran umum atau informasi
  tertentu/ | 
|  |  | 
tersirat/rinci atau tujuan komunikatif atau makna | 
|  |  | 
kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/ pikiran
  utama | 
|  |  | 
paragraf dari teks tertulis berbentuk review. | 
|  |  | 
Menentukan gambaran umum atau pikiran utama | 
|  |  | 
paragraf
  atau informasi tersirat/tertentu/rinci atau | 
|  |  | 
tujuan
  komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat | 
|  |  | 
atau
  rujukan kata dari teks tertulis berbentuk | 
|  |  | 
discussion. | 
|  |  | 
Menentukan gambaran umum/tujuan komunikatif/ | 
|  |  | 
pikiran
  utama paragraf atau informasi | 
|  |  | 
tersirat/rinci/tertentu
  atau makna kata/frasa/kalimat | 
|  |  | 
atau
  rujukan kata dari teks tertulis berbentuk report. | 
|  |  | 
Menentukan gambaran umum atau informasi | 
|  |  | 
tertentu/rinci/tersirat
  atau makna kata/frasa/kalimat | 
|  |  | 
atau
  rujukan kata dari teks fungsional pendek | 
|  |  | 
berbentuk
  announcement/message | 
| 
3 | 
WRITING (Menulis) | 
Menyusun beberapa kalimat secara acak menjadi | 
|  | 
Mengungkapkan
  makna secara | 
sebuah
  teks berbentuk recount/procedure/narrative/ | 
|  | 
tertulis secara formal maupun | 
descriptive dan report. | 
|  | 
informal dalam konteks kehidupan | 
Melengkapi 3 rumpang pada teks pendek
  berbentuk | 
|  | 
sehari-hari, dalam bentuk teks | 
recount/
  procedure/narrative/descriptive/report | 
|  | 
fungsional pendek  atau esai | 
dengan kosa kata/frasa yang sesuai. | 
|  | 
berbentuk recount, narrative, |  | 
|  | 
procedure, descriptive dan report. |  | 

 
 
No comments:
Post a Comment