MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
| 
NO | 
KOMPETENSI | 
INDIKATOR |  | 
|  |  |  |  | 
| 
1. | 
Menggunakan logika matematika | 
Menentukan penarikan kesimpulan dari beberapa |  | 
|  | 
dalam
  pemecahan masalah | 
premis. |  | 
|  |  | 
Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari
  pernyataan |  | 
|  |  | 
majemuk
  atau pernyataan berkuantor. |  | 
| 
2. | 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan | 
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan
  logaritma. |  | 
|  | 
dengan aturan pangkat, akar dan | 
Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali
  akar-akar |  | 
|  | 
logaritma, fungsi aljabar sederhana, | 
persamaan
  kuadrat. |  | 
|  | 
fungsi kuadrat, fungsi eksponen dan | 
Menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi |  | 
|  | 
grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi | 
kuadrat
  dengan menggunakan diskriminan. |  | 
|  | 
invers, sistem persamaan linear, | 
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
  berkaitan |  | 
|  | 
persamaan dan pertidaksamaan | 
dengan
  sistem persamaan linear. |  | 
|  | 
kuadrat, persamaan lingkaran dan | 
Menentukan persamaan lingkaran atau garis
  singgung |  | 
|  | 
garis singgungnya, | 
lingkaran. |  | 
|  | 
suku banyak, algoritma sisa dan | 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan |  | 
|  |  |  | |
|  | 
teorema pembagian, program linear, | 
teorema sisa atau teorema faktor. |  | 
|  |  |  | |
|  | 
matriks dan determinan,
  vektor, | 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan |  | 
|  | 
transformasi geometri dan |  | |
|  | 
komposisi dua fungsi atau fungsi invers. |  | |
|  | 
komposisinya, barisan dan deret, serta |  | |
|  | 
Menyelesaikan masalah program linear. |  | |
|  | 
mampu menggunakannya dalam |  | |
|  | 
Menyelesaikan operasi matriks. |  | |
|  | 
pemecahan masalah. |  | |
|  | 
Menyelesaikan operasi aljabar beberapa vektor |  | |
|  |  |  | |
|  |  | 
dengan syarat tertentu. |  | 
|  |  | 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  besar |  | 
|  |  | 
sudut atau nilai perbandingan trigonometri
  sudut |  | 
|  |  | 
antara dua vektor. |  | 
|  |  | 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan |  | 
|  |  | 
panjang proyeksi atau vektor proyeksi. |  | 
|  |  | 
Menentukan bayangan titik atau kurva karena
  dua |  | 
|  |  | 
transformasi atau lebih. |  | 
|  |  | 
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan
  eksponen |  | 
|  |  | 
atau logaritma. |  | 
|  |  | 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan |  | 
|  |  | 
fungsi eksponen atau fungsi logaritma. |  | 
|  |  | 
Menyelesaikan masalah deret aritmetika. |  | 
|  |  | 
Menyelesaikan masalah deret geometri. |  | 
| 
3. | 
Menentukan kedudukan, jarak dan | 
Menghitung jarak dan sudut antara dua objek
  (titik, |  | 
|  | 
besar sudut yang melibatkan titik, | 
garis dan bidang) di ruang dimensi tiga. |  | 
|  | 
garis, dan bidang dalam ruang. |  |  | 
| 
4. | 
Menggunakan perbandingan, fungsi, | 
Menyelesaikan masalah geometri dengan |  | 
|  | 
persamaan, identitas dan rumus | 
menggunakan aturan sinus atau kosinus. |  | 
|  | 
trigonometri dalam pemecahan | 
Menyelesaikan persamaan trigonometri. |  | 
|  | 
masalah. | 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  nilai |  | 
|  |  | 
perbandingan
  trigonometri yang menggunakan rumus |  | 
|  |  | 
jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen
  serta |  | 
|  |  | 
jumlah dan selisih dua sudut. |  | 
| 
5. | 
Memahami konsep limit, turunan dan | 
Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan
  fungsi |  | 
|  | 
integral dari fungsi aljabar dan fungsi | 
trigonometri. |  | 
|  | 
trigonometri, serta mampu | 
Menyelesaikan soal aplikasi turunan fungsi. | |
|  | 
menerapkannya dalam pemecahan | 
Menentukan 
  integral tak tentu dan integral tentu | |
|  | 
masalah. | 
fungsi
  aljabar dan fungsi trigonometri. | |
|  |  | 
Menghitung luas daerah dan volume benda putar | |
|  |  | 
dengan
  menggunakan integral. | |
| 
6. | 
Mengolah, menyajikan dan | 
Menghitung ukuran pemusatan atau ukuran  letak | |
|  | 
menafsirkan
  data, serta mampu | 
dari
  data dalam bentuk tabel, diagram atau grafik. | |
|  | 
memahami kaidah pencacahan, | 
Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan | |
|  | 
permutasi, kombinasi, peluang | 
menggunakan
  kaidah pencacahan, permutasi atau | |
|  | 
kejadian dan mampu menerapkannya | 
kombinasi. | |
|  | 
dalam pemecahan masalah. | 
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
|  |  | 
peluang
  suatu kejadian. | 

 
 
No comments:
Post a Comment