SILABUS MATA PPKN SMA/MA
Mata Pelajaran              :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas                            : X (sepuluh)
Kompetensi Inti             : 
1.  Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan 
bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
| 
Kompetensi Dasar | 
Materi Pokok | 
Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi Waktu | 
Sumber Belajar | 
| 
1.1       Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan
  kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat. 
1.2       Menghayati isi dan makna
  pasal 28E dan 29 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.  |  |  |  |  |  | 
| 
2.1       Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
  bermasyarakat, berbangsa dan bernegara |  |  |  |  |  | 
| 
2.2    Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam
  Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. |  |  |  |  |  | 
| 
2.3       Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam
  pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan (ipoleksosbudhankam). |  |  |  |  |  | 
| 
2.4       Mengamalkan sikap toleransi antarumat
  beragama dan kepercayaan dalam hidup   bermasyarakat, berbangsa, dan
  bernegara.. 
2.5       Mengamalkan perilaku
  toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia. 
2.6       Mengamalkan nilai dan budaya demokrasi
  dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari
  dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). |  |  |  |  |  | 
| 
3.1      
  Menganalisis kasus-kasus pelanggaran
  HAM dalam rangka pelindungan dan pemajuan HAM
  sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
  dan bernegara. 
4.1  Menyaji kasus–kasus pelanggaran HAM dalam rangka
  perlindungan dan pemajuan
  HAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
  bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | 
1.     Kasus Pelanggaran HAM       | 
Mengamati 
·  
  Membaca berbagai  kasus
  pelanggaran  HAM di Indonesia dari
  berbagai media cetak 
·  
  Mengamati berbagai  kasus
  pelanggaran  HAM yang terjadi
  dilingkungan masyarakat sekitar  
·  
  Mendengar dan menyimak berbagai  kasus
  pelanggaran  HAM yang terjadi di
  Indonesia dari berbagai media elektronik  
Menanya 
·        
  Mempertanyakan contoh- contoh kasus
  pelanggaran HAM yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
  bernegara 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan 
·      Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan
  kasus-kasus pelanggaran HAM  
·      Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang kasus
  pelanggaran HAM di Indonesia 
Mengasosiasikan 
·        
  Mencari hubungan pelanggaran HAM
  dengan aspek sosial–budaya dalam masyarakat Indonesia 
·        
  Menganalisis hasil
  temuannya berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM di Indonesia  
Mengomunikasikan 
·       Mempresentasikan
  berbagai kasus pelanggaran HAM di wilayahnya berdasarkan hasil temuannya di
  lapangan 
·       Menyampaikan hasil temuan 
  tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan, tulisan, gambar atau
  media lainnya | 
1. Tugas:  
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai  kasus pelanggaran  HAM di Indonesia 
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan 
-   Membuat laporan hasil pengamatan  
-   Mempresentasi-kan hasil
  laporan di depan kelas  
(format
  presentasi terlampir) 
2.    
  Observasi 
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
  berkaitan contoh kasus pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari  
3.    
  Portofolio,  
penilaian ini
  digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
  kasus
  pelanggaran HAM yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
  bernegara (format portofolio terlampir) 
4.    
  Tes  
digunakan
  untuk menilai hasil belajar secara individu tentang  
kasus pelanggaran HAM   | 
3
  minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
|  | 
2.     Upaya-Upaya Penegakan HAM di Indonesia | 
Mengamati 
·        
  Membaca dari
  berbagai sumber tentang pemajuan,penghormatan dan  penegakan
   dan Pengadilan HAM di Indonesia 
Menanya 
·        
  Mempertanyakan  proses pemajuan, penghormatan dan penegakan
  HAM  di wilayahnya serta hambatan yang
  ditemukan  
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan 
·      Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang upaya pemajuan,
  penghormatan dan penegakan HAM  di Indonesia  
Mengasosiasikan 
·     
  Mencari hubungan upaya penegakkan HAM dan berbagai
  tantangannya di Indonesia
   
Mengomunikasikan 
·        
  Membuat kesimpulan tentang pemajuan, penghormatan dan
  penegakan HAM  . 
·        
  Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang penanganan beberapa kasus pelanggaran
  HAM di Indonesia 
·        
  Menyampaikan
   beberapa tokoh dan lembaga yang bergerak
  dalam penegakan HAM | 
1.    
  Tugas:  
-  
  Mengumpulkan data dari
  berbagai sumber tentang
  pemajuan,penghormatan dan 
  penegakan  dan Pengadilan HAM di
  Indonesia 
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data 
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data 
-   Mempresentasi-kan hasil
  laporan di depan kelas  
   (format
  presentasi terlampir) 
2. Observasi 
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
  berkaitan upaya penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia  
3.    
  Portofolio,  
penilaian ini
  digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
  upaya penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia  
 (format portofolio terlampir) 
4.    
  Tes  
digunakan
  untuk menilai hasil belajar secara individu tentang upaya penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia  | 
2
  minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
| 
3.2      
  Memahami pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
4.2  Menyaji
  hasil telaah pokok-pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. | 
1.    
  Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 | 
Mengamati 
·     Membaca dan menganalisa Pembukaan UUD NRI Tahun
  1945  
Menanya 
·     Bertanya jawab tentang Pembukaan UUD NRI Tahun
  1945 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan 
·     Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 
Mengasosiasikan 
·     
  Mencari
  hubungan  alinea satu sampai alinea
  empat  dalam Pembukaan
  UUD NRI Tahun 1945 
Mengomunikasikan 
·      Mempresentasikan hasil diskusi tentang Pembukaan
  UUD NRI Tahun 1945 | 
1.      Tugas:  
-  
  Mengumpulkan data dari
  berbagai sumber tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data 
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data 
-   Mempresentasikan hasil
  laporan di depan kelas  
(format
  presentasi terlampir) 
5. Observasi 
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
  berkaitan dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 
6.    
  Portofolio,  
penilaian ini
  digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
  Pembukaan UUD NRI Tahun 1945  (format portofolio
  terlampir) 
7.    
  Tes  
digunakan
  untuk menilai hasil belajar secara individu tentang  
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 | 
2 minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
|  | 
2.    
  Makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
  Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 | 
Mengamati 
·      Menyimak makna  pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
  Pembukaan UUD NRI Tahun 1945  
Menanya 
·      Menanyakan makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD
  NRI Tahun 1945  
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan 
·     Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
  Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 
Mengasosiasikan 
·     Mencari hubungan makna pokok pikiran yang  terkandung
  dari  alinea satu sampai empat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 
Mengomunikasikan 
·     
  Mempresentasikan
  makna pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 | 
1.    
  Tugas:  
-  
  Mengumpulkan data dari
  berbagai sumber tentang makna pokok-pokok
  pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data 
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data 
-   Mempresentasi-kan hasil
  laporan di depan kelas  
(format
  presentasi terlampir) 
2. Observasi 
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
  berkaitan makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 
3. Portofolio,  
penilaian ini
  digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
  makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun
  1945  (format portofolio
  terlampir) 
4. Tes  
digunakan
  untuk menilai hasil belajar secara individu tentang makna pokok-pokok
  yang terkandung dalam  
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 | 
2 minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
| 
3.3      
  Memahami bentuk dan kedaulatan
  Negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 
4.3  Menyaji
  hasil telaah bentuk dan kedaulatan negara sesuai
  dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. | 
1.    
  Bentuk
  Negara dan Pemerin-tahan | 
Mengamati 
·     Membaca dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945 
Menanya 
·     Menanya tentang bentuk negara dan pemerintahan
  yang  sesuai
  dengan UUD NRI Tahun 1945 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan 
·     Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang bentuk Negara dan pemerintah yang sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945 
Mengasosiasikan 
·     Mencari hubungan antara bentuk Negara dan pemerintah
  Republik Indonesia dengan  
Mengomunikasikan 
·       Menyimpulkan hasil diskusi tentang bentuk Negara
  dan pemerintahan Indonesia sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945 
·       Meyajikan hasil diskusi tentang bentuk Negara dan pemerintahan Indonesia sesuai dengan UUD NRI
  Tahun 1945 | 
1. Tugas:  
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945 
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data 
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data 
-   Mempresentasi-kan hasil
  laporan di depan kelas  
(format
  presentasi terlampir) 
2. Observasi 
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
  berkaitan bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945 
3. Portofolio,  
penilaian ini
  digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
  bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945 (format portofolio
  terlampir) 
4. Tes  
digunakan
  untuk menilai hasil belajar secara individu tentang bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945 | 
3 minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
|  | 
2.    
  Sistem
  Pemerinta-han Negara | 
Mengamati 
·     Membaca dari
  berbagai literatur tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia 
Menanya 
·     Menanya tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan 
·     Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia  
Mengasosiasikan 
·     
  Mencari hubungan antara sistem pemerintahan  Indonesia yang ada di Indonesia dengan sistem pemerintah yang
  sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945  
Mengomunikasikan 
·       Mempresentasikan sistem pemerintahan Indonesia yang sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945 | 
1. Tugas:  
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia  
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data 
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data 
-   Mempresentasikan hasil
  laporan di depan kelas  
(format
  presentasi terlampir) 
2. Observasi 
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan
  sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia  
3. Portofolio,  
penilaian ini
  digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
  sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia (format portofolio terlampir) 
4. Tes  
digunakan
  untuk menilai hasil belajar secara individu tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia  | 
2 minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
|  | 
3.    
  Kedaulatan
  Negara | 
Mengamati 
·    
  Mencari dari berbagai sumber tentang pengertian
  kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara 
Menanya 
·     Menanya  tentang kedaulatan
  Negara 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan 
·     Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang kedaulatan Negara Republik Indonesia  
Mengasosiasikan 
·     
  Mencari hubungan pasal-pasal UUD NRI tahun 1945
  dengan  kedaulatan negara   
Mengomunikasikan 
·     Menyimpulkan dasil diskusi tentang  kedaulatan negara Indonesia sesuai dengan
  UUD NRI Tahun 1945 
·     Mempresentasikan hasil pengumpulan data
  tentang kedaulatan negara Indonesia sesuai dengan UUD
  NRI Tahun 1945 | 
1. Tugas:  
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang kedaulatan dan macam-macam
  kedaulatan negara 
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data 
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data 
-   Mempresentasi-kan hasil
  laporan di depan kelas  
(format
  presentasi terlampir) 
2. Observasi 
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
  berkaitan kedaulatan dan macam-macam
  kedaulatan negara  
3. Portofolio,  
penilaian ini digunakan
  untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kedaulatan dan macam-macam
  kedaulatan negara (format
  portofolio terlampir) 
4. Tes  
digunakan
  untuk menilai hasil belajar secara individu tentang kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara  | 
2 minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
| 
3.4      
  Memahami hubungan struktural dan
  fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 
4.4  Menyaji
  hasil telaah hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah
  menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945  
4.9.1 
  Berinteraksi
  dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan
  menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
   | 
1.    
  Hubungan
  struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara
  Republik Indonesia Tahun 1945 | 
Mengamati 
·      Membaca  dari berbagai sumber tentang
  hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD
  Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
Menanya 
·      Menanya tentang hubungan structural dan fungsional pemerintahan pusat dan
  daerah menurut UUD NRI Tahun 1945 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan 
·      Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan
  pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
Mengasosiasikan 
·      Mencari hubungan
  struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara
  Republik Indonesia Tahun 1945 
Mengomunikasikan 
·     
  Menyimpulkan
  hasil pengumpulan data tentang pelaksanaan hubungan struktural dan fungsional
  pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun
  1945 
·     
  Mempresentasikan tentang pelaksanaan
  hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD
  Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 
1. Tugas:  
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan
  pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data 
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data 
-   Mempresentasi-kan hasil
  laporan di depan kelas  
(format
  presentasi terlampir) 
2. Observasi 
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
  berkaitan hubungan structural dan fungsional pemerintahan
  pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun 1945 
3. Portofolio,  
penilaian ini
  digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
  hubungan structural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD
  NRI Tahun 1945 (format
  portofolio terlampir) 
4. Tes  
digunakan
  untuk menilai hasil belajar secara individu tentang hubungan structural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah
  menurut UUD NRI Tahun 1945 | 
3 minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
|  | 
2.    
  Otonomi
  daerah  | 
Mengamati 
·      Membaca  berbagai media  mengenai 
  pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya  
Menanya 
·      Menanya tentang pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan 
·      Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber tentang pelaksanaan
  otonomi daerah di Indonesia 
Mengasosiasikan 
·      Mencari hubungan antara pelaksanaan otonomi daerah dengan pembangunan yang dilakukan di daerahnya
  masing-masing 
Mengomunikasikan 
·      Mempresentasikan hasil kajian  pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya  | 
1. Tugas:  
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pelaksanaan otonomi daerah   
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data 
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data 
-   Mempresentasi-kan hasil
  laporan di depan kelas  
(format
  presentasi terlampir) 
2. Observasi 
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
  berkaitan pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya  
3. Portofolio,  
penilaian ini
  digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
  pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya (format portofolio
  terlampir) 
4. Tes  
digunakan
  untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya  | 
2 minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
| 
3.5      
  Memahami sistem hukum dan peradilan
  nasional dalam lingkup NKRI. 
4.5  Menyaji
  hasil telaah sistem
  hukum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI | 
1.    
   Sistem hukum dalam NKRI | 
Mengamati 
·       Membaca  tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan
  hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia  
Menanya 
·       Menanya tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan
  hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia  
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan 
·       Mengumpulkan data dari
  berbagai sumber tentang pengertian, tujuan,
  macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di
  Indonesia  
Mengasosiasikan 
·  
  Mencari hubungan rasa
  keadilan masyarakat dengan  sistem
  hukum di Indonesia 
Mengomunikasikan 
·       Mempresentasikan 
  hasil diskusi tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan
  hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia  | 
1. Tugas:  
-  
  Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan
  hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia  
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data 
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data 
-   Mempresentasi-kan hasil
  laporan di depan kelas  
(format
  presentasi terlampir) 
2. Observasi 
Menilai
  kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan
  hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia  
3. Portofolio,  
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
  baik individu maupun kelompok tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta
  urutan peraturan hukum di Indonesia  
 (format portofolio terlampir) 
4. Tes  
Digunakan untuk menilai hasil
  belajar secara individu tentang pengertian, tujuan,
  macam-macam penggolongan hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di
  Indonesia  | 
2 minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
|  | 
2.    
  Sistem peradilan Indonesia  | 
Mengamati 
·       Mencari informasi tentang pengertian, tujuan,
  macam-macam peradilan di Indonesia 
Menanya 
·     
  Menanya tentang sistem peradilan di Indonesia,
  perangkat lembaga peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga
  peradilan 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan 
·      Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber tentang sistem
  peradilan di Indonesia  
Mengasosiasikan 
·  
  Mencari hubungan proses
  peradilan dengan putusan pengadilan yang berbeda-beda pada kasus yang sama 
Mengomunikasikan 
·   Mempresentasikan hasil
  diskusi tentang  sistem peradilan
  nasional dalam lingkup NKRI | 
1. Tugas:  
-  
  Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan
  hukum, dan sumber serta urutan peraturan hukum di Indonesia  
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data 
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data 
-   Mempresentasi-kan hasil
  laporan di depan kelas  
(format
  presentasi terlampir) 
2. Observasi 
Menilai kegiatan pengamatan
  dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga
  peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan 
3. Portofolio,  
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
  pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga
  peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan 
 (format portofolio terlampir) 
4. Tes  
digunakan
  untuk menilai hasil belajar secara individu tentang sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga
  peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan | 
3 minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
| 
3.6      
  Menganalisis
  kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara 
4.6  Menyaji
  analisis penanganan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai
  warga negara | 
1.    
  Pelanggaran hak | 
Mengamati 
·  
  Membaca  dari berbagai media (cetak dan
  elektronik)  tentang contoh kasus pelanggaran
  hak  
Menanya 
·  
  Menanya  tentang berbagai bentuk contoh kasus pelanggaran
  hak  
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan 
·  
  Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber tentang berbagai contoh kasus pelanggaran hak  
Mengasosiasikan 
·  
  Mencari hubungan antara
  pelanggaran hak dengan penanganan pelanggaran hak yang berbeda-beda pada
  kasus yang sama  
. 
Mengomunikasikan 
·  
  Mempresentasikan
  hasil diskusi tentang berbagai contoh kasus pelanggaran hak
   | 
1. Tugas:  
-  
  Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber tentang contoh kasus pelanggaran hak  
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data 
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data 
-   Mempresentasi-kan hasil
  laporan di depan kelas  
(format
  presentasi terlampir) 
2. Observasi 
Menilai
  kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pelanggaran hak  
3. Portofolio,  
·  
  penilaian ini digunakan
  untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang contoh kasus pelanggaran hak  
 (format portofolio terlampir) 
4. Tes  
Digunakan untuk menilai hasil
  belajar secara individu tentang contoh kasus pelanggaran hak
   | 
2 minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
|  | 
2.    
  Pengingkaran kewajiban  | 
Mengamati 
·  
  Membaca  dari berbagai media (cetak dan
  elektronik)  tentang contoh kasus pengingkaran
  kewajiban  
Menanya 
·  
  Menanya  tentang berbagai  kasus pengingkaran kewajiban  
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan 
·  
  Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber tentang berbagai kasus pengingkaran kewajiban  
Mengasosiasikan 
·  
  Mencari hubungan antara kasus
  pengingkaran kewajiban dengan rasa tanggungjawab pribadi  
. 
Mengomunikasikan 
·  
  Mempresentasikan
  hasil diskusi tentang berbagai bentuk kasus pengingkaran kewajiban  | 
1. Tugas:  
-  
  Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber tentang contoh kasus pengingkaran kewajiban  
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data 
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data 
-   Mempresentasikan hasil
  laporan di depan kelas  
(format
  presentasi terlampir) 
2. Observasi 
Menilai
  kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pengingkaran kewajiban  
3. Portofolio,  
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
  baik individu maupun kelompok tentang contoh kasus pengingkaran kewajiban  
 (format portofolio terlampir) 
4. Tes  
Digunakan untuk menilai hasil
  belajar secara individu tentang contoh kasus pengingkaran
  kewajiban  | 
2 minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
| 
3.7      
  Menganalisis indikator ancaman terhadap negara dalam membangun
  integrasi nasional dengan bingkai BhinnekaTunggal Ika.  
4.7 
  Menyaji hasil analisis tentang
  indikator ancaman terhadap negara dalam
  membangun integrasi nasional dengan bingkai Bhinneka
  Tunggal Ika.  
4.9.2  Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan
  yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan
  nasional | 
1.    
  Ancaman terhadap negara Indonesia  | 
Mengamati 
·  
  Membaca  dari berbagai media (cetak dan
  elektronik)  tentang contoh kasus
  ancaman terhadap negara Indonesia  
Menanya 
·  
  Menanya  tentang berbagai bentuk ancaman terhadap
  negara Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan 
·      Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber tentang berbagai bentuk
  ancaman terhadap negara Indonesia
  dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
Mengasosiasikan 
·  
  Mencari hubungan antara ancaman
  yang dilakukan terhadap Indonesia dengan lemahnya rasa kebhinneka Tunggal
  Ikaan warganegara     
. 
Mengomunikasikan 
·   Mempresentasikan hasil diskusi tentang berbagai
  bentuk ancaman terhadap Negara kesatuan Republik Indonesia  | 
1. Tugas:  
-  
  Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber tentang contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia 
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data 
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data 
-   Mempresentasi-kan hasil
  laporan di depan kelas  
(format
  presentasi terlampir) 
2. Observasi 
Menilai
  kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia  
3. Portofolio,  
·  
  penilaian ini digunakan
  untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia 
 (format portofolio terlampir) 
4. Tes  
Digunakan
  untuk menilai hasil belajar secara individu tentang contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia  | 
3 minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
| 
3.8   
  Memahami pentingnya
  kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik
  Indonesia. 
4.7   
  Menyaji analisis tentang
  pentingnya kesadaran
  berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik Indonesia | 
Kesadaran berbangsa dan bernegara  | 
Mengamati 
·        
  Membaca dari
  berbagai literature tentang bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan bernegara dalam  konteks sejarah dan geopolitik Indonesia  
Menanya 
·        
  Menanya tentang kesadaran berbangsa dan bernegara dalam  konteks sejarah dan geopolitik Indonesia  
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan 
·      Mengumpulkan
  data dari berbagai sumber tentang kesadaran berbangsa dan bernegara dalam  konteks sejarah dan geopolitik Indonesia 
Mengasosiasikan 
·        
  Mencari hubungan antara kesadaran berbangsa dan bernegara dalam  konteks sejarah dan geopolitik Indonesia 
Mengomunikasikan 
·        
  Melaporkan
  hasil pengumpulan data
  berkaitan dengan kesadaran berbangsa dan bernegara dalam  konteks sejarah dan geopolitik Indonesia | 
1. Tugas:  
-  
  Mengumpulkan data dari
  berbagai sumber tentang bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan
  bernegara dalam  konteks sejarah dan
  geopolitik Indonesia  
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data 
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data 
-   Mempresentasikan hasil
  laporan di depan kelas  
(format
  presentasi terlampir) 
2. Observasi 
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
  berkaitan bentuk-bentuk kesadaran
  berbangsa dan bernegara dalam  konteks
  sejarah dan geopolitik Indonesia  
3. Portofolio,  
penilaian ini
  digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
  bentuk-bentuk kesadaran
  berbangsa dan bernegara dalam  konteks
  sejarah dan geopolitik Indonesia  (format
  portofolio terlampir) 
4. Tes  
Digunakan
  untuk menilai hasil belajar secara individu tentang bentuk-bentuk kesadaran berbangsa dan
  bernegara dalam  konteks sejarah dan
  geopolitik Indonesia  | 
3  minggu x JP | 
Buku Pelajaran PPKn SMA 
Buku Penunjang Lainnya  
Media cetak dan elektronik | 
Contoh 
PENILAIAN
PRESENTASI
(hasil
pengumpulan data/laporan penelitian/dll)
Tanggal /bulan/tahun                                      :   
...............................................................................................
Nama/kelompok                                                :
   ...............................................................................................
Kelas/Smt                                                            :    ...............................................................................................
Mata
Pelajaran                                                   :    ...............................................................................................
Judul
Presentasi                                               :    ………………………………………………………………………
| 
                     No | 
Aspek Penilaian | 
Bobot | 
Skor | 
Nilai | 
| 
1 | 
KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAGASAN 
a.    
  Ide pokok laporan 
b.    
  Keruntutan berpikir dari latar
  belakang, masalah, tujuan, hasil, dan kesimpulan. 
c.     
  Penggunaan Bahasa Indonesia. | 
15% |  |  | 
| 
2 | 
KEMAMPUAN MENJELASKAN ISI PRESENTASI 
a.    
  Kelancaran penyampaian gagasan 
b.    
  Kejelasan metode dan prosedur
  kerja | 
15% |  |  | 
| 
3 | 
KEMAMPUAN MENUNJUKKAN ORISINALITAS 
a.    
  Bukti empirik atas argumen 
b.    
  Konsistensi argumentasi | 
15% |  |  | 
| 
4 | 
KEMAMPUAN MENJELASKAN INOVASI DAN MANFAAT  
a.     
  Sifat kebaruan hasil karya  
b.     
  Kesesuaian antara materi penulisan
  dengan penugasan dari guru | 
15% |  |  | 
| 
5 | 
KEMAMPUAN MEMPERTAHANKAN KONSEP DALAM MENJAWAB PERTANYAAN | 
20% |  |  | 
|  | 
a.     
  Kemampuan berargumentasi,
  ketangguhan dan konsistensi, berkomunikasi lisan 
b.     
  Keruntutan dalam penalaran 
c.      
  Ketepatan dalam menjawab
  pertanyaan 
d.     
  Akurasi uraian materi dengan
  kesimpulan |  |  |  | 
| 
6 | 
KEMAMPUAN MENJELASKAN HASIL  | 
15% |  |  | 
|  | 
a.    
  Originalitas atas keaslian
  karya 
b.    
  Keefektifan atau pencapaian
  tujuan/prestasi 
c.     
  Dampak atau manfaatnya  |  |  |  | 
| 
7 | 
SIKAP DALAM PRESENTASI | 
5% |  |  | 
|  | 
a.     
  Kerapihan 
b.     
  Kesopanan |  |  |  | 
      Catatan : Skor 1-5 (1. Sangat Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
                 Nilai = bobot x skor
                                                                                                                                 Jakarta,                            2013
                                                                                                                                 Guru
Mata Pelajaran 
                                                                                                                            ...........................................................
Contoh 
PENILAIAN
PORTOFOLIO
(hasil
pengumpulan data/laporan penelitian/dll)
Tanggal /bulan/tahun                                      :   
...............................................................................................
Nama peserta didik                                          :
   ...............................................................................................
Kelas/Smt                                                            :    ...............................................................................................
Mata
Pelajaran                                                   :    ...............................................................................................
Kompetensi
Inti/Kompetensi Dasar           :   
………………………………………………………………………
| 
No | 
Komponen Portofolio | 
Bobot | 
Skor | 
Nilai | 
| 
1 | 
KERUNTUTAN PENYUSUNAN PORTOFOLIO 
d.    
  Runtut dari tugas awal sampai
  akhir (lengkap) 
e.    
  Runtut berdasarkan hari,
  tanggal, bulan dan tahun  
f.      
  …………………. | 
25% |  |  | 
| 
2 | 
KELENGKAPAN PORTOFOLIO 
c.     
  a. Lengkap setiap Kompetensi Inti dan Kompentensi Dasar 
d.    
  b. ………………………….. | 
25% |  |  | 
| 
3 | 
KERAPIAN PENYUSUNAN PORTOFOLIO  
c.     
  Rapi dan tidak kotor 
d.    
  ……………………… | 
25% |  |  | 
| 
4 | 
KEBERMANFAATAN PORTOFOLIO  
c.      
  Bermanfaat untuk perbaikan
  dimasa depan  
d.     
  ……………………….. | 
25% |  |  | 
      Catatan : Skor 1-5 (1. Sangat Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
                 Nilai = bobot x skor
                                                                                                                                 Jakarta,                            2013
                                                                                                                                 Guru
Mata Pelajaran 
                                                                                                                            ...........................................................
 
 
No comments:
Post a Comment