SILABUS MATA PELAJARAN: FISIKA
Satuan
Pendidikan         : SMA
Kelas
/Semester            : X 
Kompetensi
Inti:
 KI 1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
 KI 2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
 KI 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
| 
Kompetensi Dasar | 
Materi Pokok | 
Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi Waktu | 
Sumber Belajar | |
| 
1.1    Menyadari
  kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan
  fenomena alam fisis dan pengukurannya
   | 
Pengukuran 
·  Ketelitian
  (akurasi) dan ketepatan (presisi) 
·  Kesalahan
  pengukuran 
·  Penggunaan
  angka penting | 
Mengamati 
·        
  Membuat daftar (tabel)  nama
  besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu,
  termasuk  yang berlaku di daerah setempat (misalnya:
  untuk ukuran massa: mayam di Sumatera Utara, untuk ukuran panjang: tumbak di
  Jawa
  Barat). 
·        
  Mengamati  beberapa alat ukur
  panjang, massa dan waktu yang ada di sekitar(mistar milimeter, jangka
  sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan stopwatch) dan menemukan
  cara bagaimana alat tersebut
  bekerja/digunakan 
Mempertanyakan
   
·        
  Mempertanyakan tentang cara
  menggunakan alat ukur, cara mebaca skala,
  dan cara menuliskan hasil pengukuran 
·        
  Mempertanyakan aspek
  ketelitian, ketepatan, dan keselamatan kerja, serta alat ang digunakan dalam
  mengukur 
Eksperimen/explore 
·        
  Mengukur masa jenis kelereng
  (pengukuran
  dilakukan satu kali) dan batu kerikil (dilakukan berulang dengan ukuran beda
  dan jenis yang sama) secara berkelompok
  dengan menggunakan neraca, jangka sorong atau mikrometer, dan gelas ukur 
Asosiasi 
·        
  Mengolah data hasil pengukuran
  berulang (diberikan oleh guru) dalam bentuk penyajian data, membuat grafik,
  menginterpretasi data dan grafik, dan menghitung kesalahan, serta
  menyimpulkan hasil interpretasi data 
Komunikasi 
·        
  Membuat laporan tertulis  | 
Tugas 
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
  dengan pengukuran 
Observasi 
Ceklist 
  lembar pengamatan kegiatan eksperimen 
Portofolio 
Laporan tertulis kelompok 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian tentang penggunaan
  angka penting dan kesalahan pengukuran dan/atau pilihan ganda tentang membaca
  alat ukur | 
9 JP
   
(3 x 3 JP) | 
Sumber: 
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
  Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall 
·      FISIKA SMA Jilid 1,
  Pusat Perbukuan 
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga 
·      e-dukasi.net 
Alat: 
·      Neraca 
·      jangka
  sorong 
·      mikrometer 
·      gelas
  ukur, 
·      stopwatch | |
| 
2.1    Menunjukkan
  perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
  tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
  dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
  percobaan , melaporkan, dan berdiskusi | ||||||
| 
3.1   
  Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip
  pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting) | ||||||
| 
4.1   
  Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan
  dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah | ||||||
| 
1.1    Menyadari
  kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan
  fenomena alam fisis dan pengukurannya
   | 
Penjumlahan Vektor | 
Mengamati 
·        
  Menggambar vektor, resultan vektor, komponen vektor serta
  menghitung besar dan arah resultan vektor dalam sebuah pengamatan bersama 
Mempertanyakan 
·        
  Mempertanyakan  cara menghitung
  besar dan arah dua buah vektor 
Eksperimen/explore 
·        
  Melakukan percobaan untuk menentukan resultan dua vektor sebidang 
Asosiasi 
·        
  Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu 
Komunikasi 
·        
  Mempresentasikan contoh penerapan vektor dalam
  kehidupan sehari-hari | 
Tugas 
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
  dengan vektor 
Observasi 
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen 
Portofolio 
Laporan tertulis kelompok 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan
  ganda tentang resultan dua dan/atau tiga vektor | 
9 JP  
(3 X 3 JP) | 
Sumber: 
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
  Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall 
·      FISIKA SMA Jilid 1,
  Pusat Perbukuan 
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga 
·      e-dukasi.net 
Alat 
·      neraca
  pegas 
·      busur
  derajat 
·      papan
  triplek yang dilengkapi kertas berpetak | |
| 
2.1    Menunjukkan
  perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
  tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
  dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
  percobaan , melaporkan, dan berdiskusi | ||||||
| 
3.2   
  Menerapkan prinsip penjumlahan
  vektor (dengan pendekatan geometri) | ||||||
| 
4.1   
  Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan
  dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah 
4.2   
  Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan resultan vektor | ||||||
| 
1.1    Menyadari
  kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan
  fenomena alam  fisis dan pengukurannya  | 
Gerak Lurus dengan Kecepatan dan Percepatan Konstan | 
Mengamati 
·        
  Mengamati demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus
  dengan percepatan konstan 
Menanya 
·        
  Menanyakan perbedaan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus
  dengan percepatan konstan 
Eksperimen/explore 
·        
  Melakukan percobaan gerak lurus dengan
  kecepatan konstan dengan
  menggunakan kereta atau mobil mainan. 
·        
  Melakukan percobaan gerak lurus dengan percepatan
  konstan dengan
  menggunakan troly. 
Komunikasi 
·        
  Mempresentasikan hasil percobaan benda yang bergerak lurus dengan kecepatan
  konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan dalam bentuk grafik 
Asosiasi 
·        
  Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan. 
·        
  Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan. 
·        
  Menganalisis besaran-besaran dalam GLBB dan gerak jatuh bebas dalam
  diskusi kelas | 
Tugas 
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
  dengan gerak lurus
  dengan kecepatan dn percepatan konstan 
Observasi 
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen 
Portofolio 
Laporan tertulis kelompok 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan
  ganda  gerak lurus dengan percepatan
  konstan | 
12 jam 
(4 x 3 JP) | 
Sumber: 
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
  Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall 
·      FISIKA SMA Jilid 1,
  Pusat Perbukuan 
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga 
·      e-dukasi.net 
Alat 
·      papan
  luncur 
·      troly 
·      kereta
  mainan tenaga batere 
·      tiker
  timer | |
| 
2.1    Menunjukkan
  perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
  tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
  dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
  percobaan , melaporkan, dan berdiskusi | ||||||
| 
3.3   
  Menganalisis besaran-besaran
  fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan
  percepatan konstan | ||||||
| 
4.1    Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan
  menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah 
2.2    Menyajikan
  data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang
  bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan
  konstan | ||||||
| 
1.1    Menyadari
  kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan
  fenomena alam fisis dan pengukurannya
   | 
Hukum Newton dan Penerapannya | 
Mengamati  
Mengamati peragaan: 
·        
  benda diletakan di atas kertas
  kemudian kertas ditarik perlahan dan dan tiba-tiba 
·        
  benda ditarik atau didorong
  untuk menghasilkan gerak 
·        
  benda dilepas dan bergerak
  jaruh bebas 
·        
  benda ditarik tali melalui
  katrol dengan beban berbeda 
Mepertanyakan: 
·        
  Mempertanyakan penyebab benda menjadi
  bergerak 
·        
  Menanyakan pengaruh masa benda
  dan besar gaya terhadap percepatan
  gerak 
Eksperimen/Eksplorasi 
·        
  Melakukan percobaan hukum Newton 1 dan 2 secara berkelompok 
·        
  Melakukan percobaan gerak benda misalnya dalam bidang miring untuk
  membedakan gesekan statik dan kinetik 
Asosiasi 
·        
  Menghitung percepatan benda dalam sistem yang terletak pada bidang
  miring, bidang datar, dan sistem katrol dalam diskusi kelas. 
Komunikasi 
·        
  Menggambar gaya berat, gaya normal, dan gaya tegang tali dalam
  diskusi pemecahan masalah dinamika gerak lurus tanpa gesekan | 
Tugas 
Menerapkan hukum Newton dalam memecahkan masalah 
Observasi 
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen 
Portofolio 
Laporan tertulis 
Tes 
Tertulis Uraian
  dan Pilihan Ganda
  tentang hukum Newton 2 | 
9
  JP  
(3 x 3 JP) | 
Sumber: 
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C. Giancoli
  – 6th ed. Pearson Prentice Hall 
·      FISIKA SMA Jilid 1,
  Pusat Perbukuan 
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga 
·      e-dukasi.net 
Alat: 
·      katrol 
·      beban
  gantung 
·      troly 
·      tiker
  timer | |
| 
2.1    Menunjukkan
  perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
  tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
  dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
  percobaan , melaporkan, dan berdiskusi | ||||||
| 
3.4  Menganalisis hubungan antara gaya, massa,
  dan gerakan benda pada gerak lurus | ||||||
| 
4.1    Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan
  menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah 
2.2    Merencanakan
  dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan
  percepatan dalam gerak lurus | ||||||
| 
1.1    Menyadari
  kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan
  fenomena alam  fisis dan pengukurannya  | 
Gerak Melingkar
  dengan laju Konstan | 
Mengamati 
·        
  Menemukan besaran frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier,
  kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar melalui
  demonstrasi. 
Menanya 
·        
  Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut
  tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan. 
Eksperimen/Eksplorasi 
·        
  Melakukan percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki gerak yang
  menggunakan hubungan roda-roda. 
Asosiasi 
·        
  Menganalisis gerak melingkar beraturan dalam pemecahan masalah melalui
  diskusi kelas  
·        
  Menganalisis besaran yang berhubungan antara gerak linier dan gerak
  melingkar pada gerak menggelinding dengan laju konstan 
Komunikasi 
·        
  Mempresentasikan contoh gerak melingkar dalam
  kehidupan dan aplikasinya 
·        
  Mengkomunikasikan hasil
  npercobaan dalam bentuk grafik dan laporan sederhana | 
Tugas 
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
  dengan gerak melingkar 
Observasi 
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen 
Portofolio 
Bahan presentasi 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan
  ganda besaran-besaran pada gerak melingkar dengan laju konstan | 
9
   JP
   
(3 x 3 JP) | 
Sumber: 
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
  Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall 
·      FISIKA SMA Jilid 1,
  Pusat Perbukuan 
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga 
·      e-dukasi.net | |
| 
2.1    Menunjukkan
  perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
  tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
  dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
  percobaan , melaporkan, dan berdiskusi | ||||||
| 
3.5  Menganalisis besaran fisis pada gerak
  melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam teknologi | ||||||
| 
4.5  Menyajikan
  ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda) | 
| 
Kompetensi Dasar | 
Materi Pokok | 
Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi Waktu | 
Sumber Belajar | |
| 
1.1    Menyadari
  kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan
  fenomena alam fisis dan pengukurannya
   | 
Elastisitas
  dan Hukum Hooke 
·        
  Hukum Hooke 
·        
  Susunan pegas seri-paralel | 
Mengamati 
·        
  Peragaan benda elastis dan benda plastis 
·        
  Demonstrasi pengaruh gaya
  terhadap perubahan panjang pegas/karet 
Menanya 
·        
  Tanya jawab sifat elastisias
  benda  
·        
  Diskusi stress, strain, dan
  modulus elastisitas 
·        
  Diskusi tentang hukum Hooke dan
  susunan pegas 
Eksperimen/Eksplorasi 
·        
  Melakukan percobaan hukum Hooke
  dengan menggunakan pegas/karet, mistar, beban gantung, dan statif secara
  berkelompok 
·        
  Eksplorasi untuk menemukan
  karakteristik susunan pegas seri dan paralel 
Mengasosiasi 
·        
  Mengolah data percobaan ke
  dalam grafik, menentukan persamaan grafik, dan membandingkan hasil percobaan
  dengan bahan pegas/karet yang berbeda 
·        
  Memformulasi  konstanta pegas susunan seri dan paralel 
Mengkomunikasikan 
·        
  Diskusi kelompok membahas hasil
  percobaan 
·        
  Membuat laporan hasil percobaan | 
Tugas 
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
  dengan alastisitas dan hukum Hooke 
Observasi 
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen 
Portofolio 
Laporan tertulis kelompok 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan
  ganda hukum Hooke pada susunan pegas seri /paralel | 
12 JP  
(4 x 3 JP) | 
Sumber: 
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
  Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall 
·      FISIKA SMA Jilid 1,
  Pusat Perbukuan 
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga 
·      e-dukasi.net 
Alat 
·      statif 
·      beban
  gantung 
·      pegas/karet 
·      mistar | |
| 
2.1    Menunjukkan
  perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
  tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
  dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
  percobaan , melaporkan, dan berdiskusi | ||||||
| 
3.6   
  Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan
  sehari hari | ||||||
| 
4.1    Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan
  menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah 
4.6    Mengolah dan menganalisis
  hasil percobaan  tentang sifat
  elastisitas suatu bahan | ||||||
| 
1.1    Menyadari
  kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan
  fenomena alam fisis dan pengukurannya
   | 
Fluida statik 
·     Hukum
  utama hidrostatis 
·     Hukum
  Pascall 
·     Hukum
  Archimedes 
·     Gejala
  kapilaritas 
·     Viskositas
  dan Hukum Stokes | 
Mengamati 
·      Peragaan:  
-     simulasi
  kapal selam dalam botol minuman 
-     keadaan
  air dalam sedotan minuman dalam berbagai keadaan 
-     Membaca
  artikel tentang penggunaan sistem hidrolik dan sistem kerja kapal selam 
Menanya 
·        
  Mempertanyakan tentang  hukum-hukum fluida statik dan penerapannya 
Eksperimen/explore 
·        
  Membuat alat peraga sistem hidrolik secara berkelompok 
Asosiasi 
·        
  Menerapkan konsep tekanan hidrostatis, prinsip hukum Archimedes dan hukum Pascall melalui
  percobaan 
Komunikasi 
·        
  Mempresentasikan penerapan hukum-hukum fluida statik 
·        
  Membuat laporan hasil percobaan 
·        
  Memberikan contoh penerapan sifat-sifat
  fluida statik dalam kehidupan sehari-hari   | 
Tugas 
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
  dengan fluida statik 
Observasi 
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen 
Portofolio 
Laporan tertulis kelompok 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan
  ganda hukum Archimedes, hukum Pascal, kapilaritas dan hukum Stokes | 
12 JP  
(4 x 3 JP) | 
Sumber 
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
  Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall 
·      FISIKA SMA Jilid 1,
  Pusat Perbukuan 
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga 
·      e-dukasi.net 
Alat 
·      tangki
  air atau ember dan hidrometer 
·      bejana
  berhubungan 
·      balon
  karet dalam botol minuman (simulasi kapal selam) | |
| 
2.1    Menunjukkan
  perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
  tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
  dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
  percobaan , melaporkan, dan berdiskusi | ||||||
| 
3.7  Menerapkan
  hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari | ||||||
| 
4.1    Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan
  menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah 
4.7    Merencanakan
  dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk
  mempermudah suatu pekerjaan | ||||||
| 
1.1   
  Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
  dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam  fisis dan pengukurannya  | 
Suhu, Kalor dan
  Perpindahan Kalor 
·        
  Suhu dan pemuaian 
·        
  Hubungan kalor dengan suhu
  benda dan wujudnya 
·        
  Azas Black 
·        
  Peripindahan kalor secara
  konduksi, konveksi, dan radiasi | 
Mengamati 
·        
  Menyimak peragaan tentang: 
-         
  Simulasi pemuaian rel kereta
  api 
-         
  Pemanasan es menjadi air 
-         
  Konduktivitas logam (almunium,
  besi, tembaga, dan timah) 
·        
  Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai pengaruh
  kalor terhadap perubahan suhu benda,  pengaruh
  perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian),
  dan  perpindahan kalor secara konduksi, konveksi
  dan radiasi 
Mempertanyakan 
·        
  Mempertanyakan tentang pengaruh
  kalor terhadap suhu, wujud, dan ukuran benda 
·        
  Mempertanyakan tentang azas
  Black dan perpindahan kalor 
Eksperimen/explorasi 
·        
  Melakukan percobaan untuk menentukan kalor jenis
  logam 
Asosiasi 
·        
  Mengolah data percobaan kalor
  jenis logam dengan menggnakan kalorimeter dalam bentuk penyajian data,
  membuat grafik, menginterpretasi dan dan grafik, dan menyusun kesimpulan. 
Komunikasi 
·        
  Membuat laporan hasil
  eksperimen 
·        
  Menhkomunikasikan hasil
  percobaan dalam bentuk grafik | 
Tugas 
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan
  dengan suhu dan
  perpindahan kalor 
Observasi 
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen 
Portofolio 
Laporan tertulis kelompok 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian  tentang pemuaian, dan asas Black dan/atau
  pilihan ganda tentang perpindahan kalor dengan cara konduksi dan konveksi | 
12 JP
   
(4
  x 3 JP) | 
Sumber 
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
  Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall 
·      FISIKA SMA Jilid 1,
  Pusat Perbukuan 
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga 
·      e-dukasi.net 
Alat 
·      kalorimeter 
·      kubus
  logam 
·      termometer 
·      stopwatch 
·      lilin 
·      batang
  logam alumunium, besi, tembaga, dan timah 
·      pemanas
  air | |
| 
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
  ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
  jawab; terbuka; kritis;  kreatif;
  inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
  implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi | ||||||
| 
3.7 
  Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan
  sehari-hari | ||||||
| 
4.1    Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan
  menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah 
4.8    Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk
  menyelidiki karakteristik termal suatu bahan, terutama kapasitas  dan konduktivitas kalor | ||||||
| 
1.1   Menyadari
  kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan
  fenomena alam fisis dan pengukurannya
   
. | 
Alat-alat optik 
·     
  Mata dan kaca mata. 
·     
  Kaca pembesar (lup). 
·     
  Mikroskop 
·     
  Teleskop 
·     
  Kamera. | 
Mengamati 
·        
  Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai
  alat-alat optic dalam kehidupan sehari-hari 
Mengeksplorasi 
·        
  siswa mengeksplorasi dari sumber belajar
  yang relevan tentang prinsip pembentukan -bayangan dan perbesaran pada
  kacamata,lup, mikroskop, teropong dan kamera . 
Mepertatanyakan: 
·        
  Mempertanyakan
   tentang prinsip pembentukan
  bayangan dan perbesaran pada kaca mata, lup, mikroskop ,teleskop dan kamera 
Eksplorasi 
·        
  Melakukan
  eksplorasi tentang pembentukan bayangan dan perbesaran pada kaca mata,
  lup, mikroskop ,teleskop dan kamera 
·        
  Melalui diskusi kelompok dapat
  membedakan pengamatan tanpa akomodasi dengan berakomodasi maksimum pada alat
  optik lup, mikroskop dan teleskop. 
·        
  Merancang dan membuat teropong sederhana
  secara berkelompok 
Mengkomunikasikan 
·        
  Presentasi kelompok tentang hasil merancang dan membuat teropong sederhana | 
 Tugas 
Membuat resume
  hasil eksplorasi untuk bahan diskusi kelas. 
Portofolio 
Bahan
  presentasi rancangan untuk membuat teropong sederhana 
Observasi 
Cecklist lembar
  pengamatan kegiatan diskusi kelompok 
Hasil karya 
Teropong
  sederhana 
Tes 
Uraian dan atau
  pilihan ganda tentang prinsip pembentukan dan 
  perbesaran bayangan pada kaca mata, lup, mikroskop , teropong dan
  kamera | 
12 JP
   
(4 x 3 JP) | 
Sumber 
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C.
  Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall 
·      FISIKA SMA Jilid 1,
  Pusat Perbukuan 
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga 
·      e-dukasi.net 
Alat 
·      teropong
  bintang 
·      mikroskop | |
| 
2.1 Menunjukkan
  perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
  tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
  dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
  percobaan , melaporkan, dan berdiskusi  | ||||||
| 
3.9 Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan
  sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa | ||||||
| 
4.9   
  Menyajikan
  ide/rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan
  pembiasan pada cermin dan lensa | 
 
 
No comments:
Post a Comment