Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Hindu
Kelas                            : X
Semester                      : II
Pertemuan                  : 7
Standar Kompetensi :  (Susila) Memahami Sifat-sifat Triguna dan Dasamala
Kompetensi Dasar     :  Mengurainan pengertian Triguna dan Dasa Mala, menjelaskan bagian-bagian Triguna dan Dasamala, mengidentifikasi pengaruh Triguna dan Dasamala terhadap kepribadian manusia.
Alokasi Waktu           : 8 X 45 menit
Indikator                    :  a.   Menyebutkan pengertian dan bagian-bagian Triguna dan Dasa Mala.
b.      Menguraikan makna Triguna dan Dasa Mala Membedakan bagian-bagian Triguna dan Dasamala.
c.       Memberi contoh bagian-bagian Triguna dan Dasamala. 
d.      Menyebutkan tanda-tanda pengaruh Triguna dan Dasamala.
e.       Memberi alasan tentang pengaruh Triguna dan Dasamala terhadap kepribadian manusia 
Materi Pokok             :  a.   Pengertian dan makna Triguna.
                                       b.   Pengertian dan makna Dasamala 
                                       c.   Perbedaan bagian-bagian Triguna.
                                       d.   Perbedaan bagian-bagian dasamala 
                                       e.   Pengaruh Triguna dan Dasamala terhadap kepribadian manusia.
Pendekatan                :  -     Dilihat dari proses (Siswa Aktip)
                                       -     Dilihat dari materi (Contextual Teaching and learning(CTL)
Strategi                       :  -     Pembelajaran dengan pemberian materi
                                       -     Pembelajaran dengan kerjasama kelompok
Metode                       :  -     Ceramah 
                                       -     Diskusi 
Langkah-langkah : 
A.    Kegiatan Awal (10’)
- Siswa diajak berdoa Trisandhya
- Guru menginformasikan kompetensi dasar, indicator dan deskripsi metode belajar yang akan diterapkan.
- Siswa menanggapi permasalahan atau wacana yang telah disiapkan guru, sehubungan dengan materi yang akan dipejari
- Prites untuk penjajagan
B.     Kegiatan Inti (60’)
1.      Guru menguraikan materi pelajaran 
2.      Guru memberi pengarahan/penguatan/arahan 
C.    Penutup (20’)
1.      Siswa diajak untuk menyimpulkan hasil belajar (sesuai indicator) ± 5’
2.      Refleksi dikaitkan dilapangan ± 3’
3.      Posttest ± 10’
4.      Tugas ± 2’
Sumber dan Media Belajar
- Sumber Belajar : (segala sumber yang dapat digunakan siswa agar terjadi perilaku belajar seperti: pesan, orang, bahan, alat, teknik/prosedur, dan latar)
Buku : 
-    Ida Bagus Sudirga, dkk (2004), Widya Dharma Agama Hindu, pelajaran Agama Hindu, Penerbit: Ganeca Exact, Jakarta 
-    Ida Bagus Sudirga, dkk (2007), Widya Dharma Agama Hindu, Pelajaran Agama Hindu, Penerbit: Ganeca Exact, Jakarta 
-    Tim Penyusun (2007) Widya Upadesa Buku Pendidikan Agama Hindu Kelas X, Penerbit: Paramita, Surabaya
-     G. Pudja (1999) Bhagawadgita, Penerbit: Paramita, Surabaya 
-    I Nyoman Kanjeng, dkk (1999) Saracamuscaya, Penerbit: Paramita, Surabaya 
-    G. Pudja Tjokorda Rai Sudarta (2002)  Manawa Dharmasastra, Penerbit: CV. Felita Nursatama Lestari, Jakarta.
- Media Belajar : segala sesuatu yang direncanakan dan digunakan untuk mengirim pesan kepada penerima secara efektif sehingga memiliki daya retensi tinggi
Penilaian: 
a.       Tes lisan
b.      Tes tertulis
c.       Tugas
| 
Kepala SMA Negeri 1 Seputih Mataram 
Hj.   Nurlina, S. Pd., M. M. Pd 
NIP. 19640414 199002 2 002 | 
Seputih Mataram, 12 Juli 2010 
Guru Mata Pelajaran 
I   Ketut Darma Wijaksana, S. Ag 
NIP. 19840711 200902 1 004 | 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Hindu
Kelas                            : X
Semester                      : II
Pertemuan                  : 8
Standar Kompetensi    :     (Susila) Memahami Sifat-sifat Triguna dan Dasamala
Kompetensi Dasar        :     Menunjukkan contoh-contoh prilaku yang dipengaruhi Triguna dan Dasamala dan melakukan upaya-upaya untuk menghindari pengaruh Dasamala.
Alokasi Waktu              :     2 X 45 menit
Indikator                       :     a.    Menggolongkan prilaku yang dipengaruhi Triguna dan Dasamala.
                                             b.   Menyajikan daftar/bagan prilaku yang dipengaruhi Triguna dan Dasamala 

 
 
No comments:
Post a Comment